Di Media Mesir: Kudeta Turki Berhasil

Memang benar, anggapan bahwa media di era kini tidak lagi merefleksikan fakta, bahkan untuk pertanyaan yang paling mendasar, apa yang tengah terjadi.

Kebencian atas Turki dan dukungan yang membabi buta atas  rejim junta militer  Sisi yang brutal menjadikan banyak media Mesir gelap mata sehingga salah melihat peristiwa politik. Pemerintah Turki selama ini mendukung Ikhwanul Muslimin dan pemerintah Mursi  yang dipilih secara demokratis. Hubungan Turki dan Mesir memburuk sejak kudeta militer pada 2013. Media Mesir yang dikendalikan militer sangat benci dengan kritik Erdogan atas kudeta tersebut.

Bangun di pagi hari, rakyat Mesir dikejutkan dengan pemberitaan di pelbagai media Turki tentang kudeta Turki.

Koran Al Ahram memasang headline merah menyala di halaman depan. “Militer Turki Menjatuhkan Erdogan”, tulisnya. Di bagian sub judul tertulis, “Erdogan Menghilang.”

Harian al Watan mengambil tajuk, “Tentara Kendalikan Turki dan Singkirkan Erdogan”. Harian itu juga menyebut kudeta Jumat malam sebagai bentuk perlawanan militer.

Beberapa tokoh media juga tidak dapat menyembunyikan kegembiraan karena “suksesnya” kudeta militer atas Erdogan.

Dalam talkshow di channel al Balad, pembawa acara Ahmed Moussa menyapa pemirsa, “Selamat malam, pemirsa yang budiman dimanapun juga. Ini ada berita istimewa, pertama apa yang terjadi di Turki bukan kudeta karena ini adalah revolusi militer Turki. Dimanapun militer Turki melakukan revolusi pasti menang,” katanya dengan gembira.

Beberapa media lainnya  di Arab juga memberitakan hal konyol yang sama, seperti BBC Arabic, Sky News Arabic (milik Rupert Murdoch yang dikenal anti Islam) dan TV al Arabiyya milik keluarga kerajaan Saudi. “Erdogan Berakhir dan lari ke Jerman.”

Tidak pelak, model pemberitaan prematur tentang kudeta di Turki mengundang sindiran banyak netizen.

Salah seorang pengguna twitter menyindir, “Hanya di media Mesir, kudeta di Turki diberitakan menang.”

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *