10 Hal yang Anda Tidak Ketahui Tentang Ka’bah

Ka’bah adalah tempat suci kaum Muslimin di seluruh dunia. Ka’bah terletak ditengah-tengah Masjid al Haram, Mekah, Arab Saudi. Dimanapun diseluruh dunia, kaum Muslimin menghadap Ka’bah selama menunaikan shalat, yang sering disebut menghadap Kiblat.

  1. Ka’bah Telah mengalami beberapa kali pembangunan

Ka’bah telah mengalami kerusakan beberapa kali karena bencana alam seperti banjir dan serangan militer. Karena itu, Ka’bah rusak dan dibangun kembali beberapa kali. Para sejarawan menyatakan bahwa Ka’bah setidaknya pernah mengalami 12 kali pembangunan. Renovasi terbaru berlangsung pada 1996 dengan menggunakan teknologi terbaru untuk memperkuat konstruksi dari ancaman bencana.

Renovasi Ka’bah pada 1996

 

Renovasi Hateem pada 1996

Apakah anda tahu bahwa Nabi Adam, Nabi Ibrahim, Nabi Ismail dan Nabi Muhammad SAW juga pernah terlibat pembangunan Ka’bah?

2. Warna Kiswah Telah Berganti

Kiswah adalah kain hitam yang menyelimuti Ka’bah. Tetapi apakah anda tahu bahwa Kiswah tidak selalu berwarna hitam seperti banyak orang bayangkan?

Warna Kiswah sebelumnya

Tradisi menutupi Ka’bah dengan Kiswah dimulai selama pemerintahan suku Jurhum. Kemudian, Nabi SAW menutupi Ka’bah dengan kain Yaman. Merah, hijau dan putih menjadi warna-warna yanag dipakai oleh beberapa khalifah sebelumnya. Dinasti Abbasiyah memutuskan warna hitam untuk mengakhiri pergantian warna-warni Kiswah. Sejak itu, hitam menjadi satu-satunya warna yang dipakai hingga sekarang.

3. Bentuk Ka’bah Telah Diubah

Ka’bah pada awalnya berbentuk fundasi yang dibuat Nabi Ibrahim, berbentuk kubus ketika dibangun pertama kalinya oleh bangsa Quraiys sebelum datangnya Islam, namun tidak dilanjutkan pembangunannya karena kekurangan dana. Bagian yang ditinggalkan disebut Hatim sekarang, yang ditandai dengan tembok kecil.

4. Ka’bah biasa memiliki lebih dari satu pintu

Ka’bah pada awalnya memiliki dua pintu, satu untuk masuk dan satunya untuk keluar. Ka’bah juga memiliki satu jendela pada setiap dindingnya. Sekarang, ka’bah hanya memiliki satu pintu dan tidak ada jendela meskipun ada satu pintu di dalam untuk menuju ke atap.

5. Apa yang Ada Didalam Ka’bah?

Interior Ka’bah didukung oleh tiga tiang, dengan lampu-lampu menggantung diantara tiang. Meja kecil untuk minyak dapat ditemukan diantara tiang-tiang. Plak dapat terlihat tergantung di tembok, mengenang para penguasa yang pernah memperbaikinya. Kain hijau direnda dengan ayat-ayat Al Qur;an menutupi bagian atas tembok. Tembok kanan memiliki pintu emas yang disebut Bab al Taubah, yang membuka tangga menuju atap.

6. Hajar al Aswad telah rusak

Hajar al-Aswad dulunya berupa batu besar, namun sekarang hanya  terdiri atas 8 keping dengan ukuran berbeda dan dibungkus dengan kerangka perak. Kerusakan batu tersebut terjadi karena banjir, pengepungan kota Mekkah dan pencurian. Kerangka perak pertama dibuat oleh Abdullah bin Zubair.

7. Keluarga Al Sheibi selalu menjadi penjaga Ka’bah

Tidakkah luar biasa jika hanya ada satu keluarga yang menjadi penjaga kunci Ka’bah sejak jaman pra Islam? Mereka telah menjadi penjaga kunci ka’bah selama 15 abad. Kunci itu diteruskan turun temurun oleh anggota keluarga tertua.

8. Upacara pembersihan ka’bah dilakukan dua kali setahun

Upacara pembersihan Ka’bah dilakukan selama bulan Sya’ban dan Dzul Qaidah oleh keluarga Al Sheibi. Campuran bahan-bahannya dipersiapkan dari air Zam-Zam, air mawar Taif dan minyak Oud yang mahal. Gubernur Mekah akan mengundang beberapa tamu penting untuk ikut dalam upacara.

9. Pintu-pintu Ka’bah dulunya dibuka bagi siapa saja

Dulunya, Ka’bah dibuka bagi siapa saja yang hendak masuk dan berdoa didalamnya. Namun ketika jumlah peziarah semakin banyak, Ka’bah tidak lagi dibuka untuk umum dan hanya dibuka untuk tamu-tamu khusus saja.

10. Tawaf disekitar Ka’bah tidak pernah berhenti

Salah satu hal yang luar biasa tentang Ka’bah adalah bahwa tawaf disekitar Ka’bah tidak pernah berhenti kecuali hanya saat shalat Jumat. Bahkan selama banjir, beberapa orang tetap melakukan tawaf sambil berenang.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *