5 Fakta Tentang Muslim di Eropa

Berapa  jumlah penduduk Muslim di Eropa dan seberapa cepat penyebarannya? Berikut ini 5 fakta tentang Muslim di Eropa, berdasarkan Pew Reseach Institute.

Muslim population in Europe

  1. Jerman and Perancis memilki jumlah penduduk Muslim terbesar di antara negara-negara Uni Eropa. Pada 2010, ada sekitar 4,9 Juta (5,8 persen) pemeluk Islam di Jerman dan 4,7 Juta (7,5 persen) di Perancis. Di seluruh Eropa, Rusia memiliki penduduk Muslim terbesar di Eropa, yakni 14 juta jiwa (10 persen). Diprediksikan 2030  meningkat menjadi 15 persen. Total penduduk Muslim mencapai 19 Juta di Uni Eropa  dan 40 Juta total di seluruh Eropa, minus Turki pada 2010.
  2. Jumlah total penduduk Muslim di Eropa meningkat pesan. Dalam satu dekade terakhir, jumlah penduduk Muslim di Eropa meningkat, dari 4 persen pada 1990 menjadi 6 persen pada 2010. Peningkatan yang sama diprediksikan akan terus berlangsung disepanjang 2030, dimana jumlah penduduk Muslim meningkat sebesar 8 persen dari total penduduk Eropa.
  3. Muslim lebih muda dari rata-rata penduduk Eropa. Pada 2010, usia rata-rata Muslim di seluruh Eropa adalah 32 tahun, 8 tahun lebih muda dari rata-rata semua orang Eropa. Sebaliknya, usia rata-rata orang Eropa yang tidak terafiliasi dengan agama, khususnya ateis, agnostik dan mereka yang tidak jelas agamanya, 37 tahun. Sementara usia rata-rata Kristen di Eropa pada usia 42 tahun.
  4. Pandangan terhadap Muslim bervariasi di seluruh Eropa. Survey Pew yang dilakukan di 10 negara mendapatkan bahwa Eropa timur dan selatan memiliki pandangan negatif terhadap lebih banyak. Namun, mayoritas responden di Inggris, Jerman, Perancis, Swedia dan Belanda memiliki rating positif yang lebih baik.  47 persen kelompok kanan memiliki pandangan negatif tentang Islam, dan kelompok kiri hanya sebesar 17 persen. Di Italia dan  Yunani hanya sekitar 30 persen dengan pandangan positif.
  5. Pada 2010, Uni Eropa menjadi rumah bagi 13 juta imigran Muslim. Penduduk Muslim yang lahir di Jerman berasal dari Turki, Kosovo, Irak, Bosnia Hrzegovina dan Maroko. Ada sekitar 3 juta Muslim di Perancis yang berasal dari bekas koloni Perancis di Aljazair, Maroko dan Tunisia.

 

Pandangan Muslim lebih negatif di Eropa Timur dan Selatan
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *