Serangan Udara Rusia Menghantam kamp Pengungsian di Suriah

Serangan udara yang dilancarkan pesawat tempur Rusia dua kamp pengungisan di barat Aleppo dan dekat di perbatasan Turki pada kamis, demikian lapor kelompok monitoring HAM Suriah.

Akibat serangan itu, setidaknya dua anak tewas dan melukai 30 pengungsi lainnya di dekat kota Atareb, yang dikuasai kelompok perlawanan. Sejumlah tenda rusak dan terbakar karena serangan tersebut.

Rusia telah telah melakukan pelbagai serangan udara ke kelompok perlawanan dalam rangka mendukung rejim Assad sejak September.

Beberapa rumah sakit di Idlib dan Aleppo menjadi sasaran serangan Rusia menewaskan banyak warga sipil, termasuk tuduhan penggunaan senjata kimia dan klorin beberapa saat lalu.

Suriah terjerumus dalam perang saudara sejak awal 2011, setelah rejim brutal Assad menumpas kelompok protes pro demokrasi setelah bangkitnya Arab Spring di negara-negara Timur Tengah. Rejim Assad yang berasal dari minoritas Syiah Alawi berkuasa lebih dari 4 dekade setelah merebut kekuasaan dari sekutunya Partai Sosialis Baath pada akhir 60-an. Mendiang ayahnya pada 1988 membasmi seperempat warga kota Hama yang memberontak lewat gempuran udara selama sepekan. Tidak kurang 10 hingga 15 ribu warga kota itu meninggal karena serangan brutal Hafez Assad.

Konflik sejak  Arab Spring pada awal 2011 ini telah merenggut seperempat juta  penduduk  Suriah dan 10 juta penduduk terusir dari kampung halamannya.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *