Angelina Jolie Tentang Larangan Muslim Trump

Aktris dan pembela HAM Angelina Jolie mengatakan bahwa keputusan Donald Trump untuk melarang Muslim dari 7 negara masuk ke Amerika mencederai nasib pengungsi yang rentan dan dapat memperparah ekstrimisme.

Tanpa menyebut langsung nama Trump, Jolie yang menjadi utusan khusus Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi mengatakan dalam opini New York Times bahwa melakukan diskriminasi atas dasar agama adalah “perbuatan main api”.

Pemenang Oscar dan ibu 6 anak ini mengatakan bahwa “semua yang dilahirkan di luar negeri dan…bangga sebagai warga negara Amerika.” Dia menegaskan pentingnya keamanan nasional, namun “keputusan yang diambil harus berdasarkan fakta bukanlah ketakutan.”

“Saya juga ingin bahwa anak-anak pengungsi yang memenuhi prasyarat untuk suaka akan selalu punya kesempatan untuk mengajukan kasusnya kepada Amerika yang pemurah. Dan bahwa kita menjaga keamanan kita tanpa menuliskan kepada penduduka semua negara, termasuk anak-anak sekalipun- sebagai kelompok yang tidak aman untuk datang ke negara kita karena permasalahan wilayah dan agama,” katanya.

Perintah eksekutif Trump telah melarang penduduk dari Iran, Irak, Libya, Somalia, Sudan, Suriah dan Yaman masuk ke AS selama 90 hari. Sementara ijin masuk pengungsi dibekukan selama 120 hari, khusus untuk pengungsi Suriah dilarang masuk tanpa batas waktu yang jelas.

Langkah tersebut tidak hanya menimbulkan ketakutan negara-negara yang dimaksud saja, namun juga negara-negara Muslim lainnya dan negara-negara sekutu AS sendiri, seperti Jerman dan Inggris.

Para selebritis Hollywood telah mengecam larangan presiden tersebut.

Jolie, 41 tahun telah menerima hadiah Oscar karena peran kemanusiaannya. Tahun lalu, dia mengunjungi kamp pengungsi di Lebanon dan Yunani menemui keluarga yang menyelamatkan diri dari perang di Timur Tengah.

Aktris tersebut memperingatkan bahwa “menyiratkan Muslim sebagai komunitas yang tidak begitu penting untuk mendapatkan perlindungan, maka kita telah mengobarkan ekstrimisme di luar negeri.”

Kolom opini Jolie menjadi pernyataannya pertama yang dibuatnya sejak mengajukan cerai pada September dari suaminya, aktor Brad Pitt. Pasangan tersebut mengadopsi anak-anak dari Kamboja, Vietnam dan Ethiopia, diluar 3 anaknya sendiri yang lahir di Perancis dan Namibia.

 

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *