Arab Saudi Akan Hapus Ikhwanul Muslimin dari Daftar Organisasi Teroris Versi Kerajaan

Arab Saudi berencana menghapuskan Ikhwanul Muslimin di Mesir dari daftar teroris.

Kelompok ini dilarang di Saudi pada Maret 2014.

Sumber senior dalam gerakan iniย menyatakan bahwa sedang ada diskusi dan pertemuan yang dilakukan di London, Riyadh dan Istanbyl antara para pemimpin Ikhwanul Muslimin dan perwakilan Raja Salman Abdul Azis yang berdampak kepada kemungkinan menghapus nama kelompok tersebut dari daftar organisasi teroris sebagai ganti sikap saling kesepahaman antara Arab Saudi dan organisasi internasional Ikhwanul Muslimin.

Sumber-sumber tersebut menyebutkan bahwa keputusan yang akan segera diambil diikuti dengan pelbagai langkah, seperti: pencabutan pembatasan atas individu yang berafiliasi dengan Ikhwanul Muslimin di Arab Saudi, mencairkan kembali jutaan dollar milik para anggota di bank-bank Saudi, dan menghilangkan semua hambatan yang mencegah para anggota Ikhwan masuk kembali ke Saudi.

Sumber tersebut juga menambahkan bahwa ketegangan hubungan Saudi-Mesir terjadi sejak Mesir mendukung Rusia dalam isu Suriah di Dewan Keamanan PBB. Arab Saudi membalas sikap Mesir tersebut dengan menghentikan pengiriman minyaknya ke Mesir. Ini faktor yang mendorong kerajaan hendak menormalisasi hubungannya dengan Ikhwanul Muslimin.

Normalisasi Arab Saudi dengan Ikhwanul Muslimin tidak akan terbatas hanya mencabut nama organisasi tersebut dari daftar teroris, namun juga akan disusul dengan dukungan politik Saudi atas gerakan ini dan melakukan desakan kepada dunia internasional untuk memaksa pemerintah Mesir menerima Ikhwan dalam rekonsiliasi Mesir.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *