China Akan Kirim Pasukan ke Suriah

China akan menempatkan pasukannya ke Suriah untuk membantu pasukan Bashar al Assad, kutip New Khaleej. 

Menurut sumber tersebut, langkah tersebut dilakukan setelah China meningkat kekhawatirannya atas kehadiran para militan Islam ke kawasan Turkistan Timur, yang dianggap membantu pelbagai kelompok oposisi di Suriah. 

Pekan lalu, selama pertemuannya dengan penasehat Assad Bouthaina Shaaban, Menlu China, Wang Yi memuji langkah rejim Suriah dalam menghadapi para pejuang dari Gerakan Turkistan Timur. 

Rejim Suriah mengklaim ada setidaknya 5000 pejuang dari Uyghur, minoritas etnik Muslim yang diperkusi oleh China dan dituduh sebagai kelompok teroris di Suriah lewat Asia Tenggara dan Turki. 

Sumber tersebut mengatakan bahwa Menteri Pertahanan China ingin mengirim setidaknya dua unit pasukan khusus mereka untuk membantu pasukan rejim Assad. 

Ini bukan pertama kalinya, pasukan China menyeberang ke Suriah. Pada 2015, rejim Suriah mengijinkan 5000 tentara China masuk ke wilayahnya sebagai sekutu dan ditempatkan di kawasan Barat Latakia. Militer China melakukan aktivitas pengawasan laut dan udara. 

China  bersama Rusia sering menggunakan hak vetonya di Dewan Keamanan untuk melindungi kepentingan rejim Suriah. 

Dukungan Rusia memberikan keunggulan kepada rejim Suriah dalam perang sipil yang telah berlangsung 6 tahun ini, sementara perang melawan Daesh hampir berakhir. 

Lebih setengah juta rakyat Suriah tewas sejak 2011 oleh pasukan Assad dan sekutunya. Rejim ini juga menggunakan senjata kimia kepada penduduk sipil dan mencegah bantuan sampai kepada rakyat sipil yang terdampak perang. Pejabat PBB menaksir ada 10 juta warga Suriah yang terusir dari kampung halamannya karena perang.

Sumber: MEMO

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *