Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u692536656/public_html/wp-includes/post-template.php on line 275

China, Rusia Veto Resolusi Gencatan Senjata di Aleppo

Rusia dan China memveto resolusi Dewan Keamanan PBB yang akan menyediakan jeda kepada penduduk Suriah yang sedang membutuhkan bantuan kemanusiaan di kota Aleppo.

Rencana bagi penghentian 7 hari pertempuan gagal setelah dua anggota permanen Dewan Keamanan PBB ini dan Venezuela menolak rencana tersebut.

Resolusi ini membutuhkan 9 dari 15 suara dalam Dewan Keamanan ditambah tidak adanya penolakan dari 5 anggota Tetap Dewan Keamanan.

Ini menandai kelima kalinya Rusia dan China bersama memblok tindakan Dewan Keamanan di Suriah dan menjadi keenam kalinya Rusia menggagalkan resolusi.

“Rusia telah menyandera nasib ratusan ribu orang tidak berdosa, laki-laki, perempuan dan anak-anak yang menderita di #Aleppo,” kritik Duta Besar Inggris untuk PBB, Metthew Rycorft dalam twitnya.

Dalam pidato didepan Dewan Keamanan, Rycorft membantah klaim Rusia yang sedang membantu rejim Suriah “memerangi ekstrimis” sebagai ” benar-benar fantasi”.

Duta Besar AS untuk PBB, Michele Sison menyalahkan Rusia karena kegagalan masyarakat internasional untuk mengakhiri kekerasan di Suriah “karena Rusia lebih peduli menjaga keuntungan militernya”.

Duta besar Perancis untuk PBB, Francois Delattre mengatakan ditengah tidak adanya konsensus politik untuk menyelesaikan konflik di Suriah, maka negara itu akan “terpecah, berada dalam perang yang berkepanjangan, dan munculnya ekstrimisme”.

Gencatan senjata 7 hari pada September berakhir buruk setelah konvoi bantuan PBB dibom sebelum masuk Aleppo untuk mengantarkan bantuan.

Aleppo kota terbesar kedua di Suriah hancur lebur dengan ratusan ribu penduduknya terjebak dalam gempuran udara Rusia dan Suriah yang brutal serta bangkitnya ekstrimisme ISIL.

 

 

Facebook Comments

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u692536656/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *