Dewan Keamanan PBB Siapkan Resolusi Pembatalan Keputusan Trump

Dewan Keamanan PBB sedang mempersiapkan draft resolusi yang menekankan bahwa setiap keputusan tentang status Yerusalem tidak memiliki dampak hukum dan harus diabaikan setelah Presiden Donald Trump mengakui kota itu sebagai ibukota Israel. 

Draft yang dibuat Mesir disebarkan ke seluruh anggora Dewan Keamanan PBB tidak secara spesifik menyebut AS atau Trump. Para diplomat mengatakan draft ini mendapatkan dukungan luas, namun diperkirakan akan diveto Washington.

Dewan akan mengambil suara awal pekan ini. Resolusi ini membutuhkan 9 anggota tidak tetap anggota dan tidak ada veto dari anggota tetap Dewan Keamanan PBB. 

Trump membalikkan tradisi puluhan tahun AS yang tidak bersedia mengakui Yerusalem ibukota Israel sebagai upaya mencegah amarah umat Islam dan bangsa Palestina. Trump lebih jauh memerintahkan pemindahan kedutaannya ke Yerusalem dari Tel Aviv. 

Trump mengalami isolasi dari masyarakat internasional karena keputusannya tersebut.

Wakil AS di PBB tidak besedia memberikan pernyataan atas draft resolusi tersebut. Sebelumnya, Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley memuji keputusan Trump sebagai adil dan benar untuk dilakukan. 

 Draf resolusi Dewan Keamanan “menegaskan bahwa setiap keputusan yang bertujuan mengubah karakter, status dan komposisi demografis kota suci Yerusalem tidak memiliki konsekuensi hukum dan dianggap batal dan harus dicabut karena bertentangan dengan resolusi Dewan Keamanan yang ada.”
“Dewan Keamanan menyerukan semua negara mencegah diri dari mendirikan misi diplomatik di kota suci Yerusalem seperti diatur oleh resolusi Dewan Keamanan 478.
Israel setelah mencaplok kota suci Yerusalem dari Palestina pada perang 1967 , kemudian menjadikan kota tersebut sebagai ibukota Israel yang tidak terbagi dan selamanya. 
Desember tahun lalu, Dewan Keamanan juga mengeluarkan resolusi yang menegaskan tidak akan mengakui setiap perunahan terhadap garis 4 Juni 1967, termasuk berkaitan dengan status Yerusalem, kecuali setelah mendapatkan persetujuan dar pihak-pihak melalui negosiasi. Resolusi tersebut disetujui 14 negara dan AS dibawah Presiden Barack Obama dalam pemungutan suara bersikap abstain.
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *