Erdogan Kepada AS: “Pilih Turki atau FETO?”

PresidenRecep Tayyip Erdogan Rabu kemari memberi ultimatum AS atas permintaan berulang Turki kepada AS untuk mengekstradisi Fethullah Gulen, yang dituding berada di balik kudeta gagal 15 Juli yang lalu.

“Cepat atau lambat, AS harus membuat pilihan, Turki atau FETO,” kata Erdogan.

“Memilih kelompok teroris FETO atau (pemerintah) Turki yang demokratis. AS harus membuat pilihan,” tandasnya, merujuk kepada organisasi teror Fethullah Gulen yang dituding berada dibalik percobaan kudeta berdarah dengan memanfaatkan militer beberapa saat lalu.

Pernyataan Erdogan ini disampaikan ketika berpidato di depan kerumunan massa di Istana Kepresidenan di Ankara, yang juga salah satu lokasi yang diserang pada malam kudeta.

Aksi di Ankara ini menjadi kegiatan terakhir rapat pro demokrasi yang diselenggarakan sejak 15 Juli di seluruh penjuru Turki.

Puncak kegiatan dilakukan pada Ahad lalu di lapangan Yenikapi yang diperkirakan dihadiri 5 juta massa dari lapisan masyarakat yang beragam afiliasi politik dan agama.

Namun, Erdogan dalam pidatonya memperingatkan rakyat untuk tetap waspada karena “Pengkhianatan dapat datang dari mana saja dan oleh siapa saja,” katanya.

Kita ingin mengakhirinya disini (Ankara), namun nampaknya rakyat masih enggan meninggalkan lapangan,” tambahnya.

“Demokrasi tidak dapat dijaga hanya dalam jam-jam dan tempat-tempat tertentu saja,” seru Erdogan sambil meminta rakyat menjaga demokrasi, kebebasan, negara dan masa depan negara selama 24 jam dan 365 hari.

“Mereka yang mengikuti penghasut dari Pennsylvania yang telah menjual nyawanya ke setan atau Daesh yang menumpahkan darah Muslim, atau PKK yang juga telah menumpahkan darah selama 30 tahun dan memecah belah negara, pada akhirnya akan kalah.”

Dia menegaskan pentingnya slogan ‘satu bangsa, satu bendera, satu tanah air dan satu negara.

Erdogan dalam rapat akbar itu juga menyatakan bahwa dirinya setuju hukuman mati kembali diberlakukan jika parlemen menyetujuinya.

 

 

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *