Erdogan Kepada Jerman: Anda TIdak Punya Kekuatan untuk Menakuti Kami

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menekankan bahwa Jerman tidak mempunyai kekuatan untuk mengancam atau menakuti negaranya. Pernyataan Erdogan disampaikan menjawab ancaman tindakan ekonomi Jerman.ย 

“Saya ingin ingatkan teman-teman saya di Jerman,” ujar Erdogan, “dan seluruh dunia, anda tidak punya kekuasaan untuk mengancam Turki. Anda tidak punya kekuatan untuk menakuti kami dengan hal semacam itu.”

Kamis (21/7), Menteri Jerman Sigmar Gabriel mengeluhkan bahwa warga Jerman “tidak lagi aman dari penangkapan semena-mena di Turki.” Pernyataan ย Gabriel menanggapi penahanan seorang warga Jerman oleh otoritas Turki.ย 

Dalam pernyataan yang disampaikan pada Jumat di Harian Bild, Menteri Keuangan Wolfgang Schauble memperingatkan bahwa jika Turki “tidak menghentikan permainan ini, kami akan katakan kepada rakyat: ‘Anda jika pergi ke Turki maka itu resiko anda, kami tidak lagi berikan jaminan keamanan.”

Berbicara di Istanbul, Presiden Erdogan menjawab dengan tegas. “Saya mengecam keras pernyataan menteri ekonomi yang tidak berdasar dan dimaksudkan untuk menakuti perusahaaan-perusahaan mereka yang berinvestasi di negara saya.”

Dia mencatat bahwa Turki berkomitmen melindungi perusahaan-perusahaan Jerman di Turki seperti di masa lalu dan akan tetap melakukan hal tersebut di masa depan. “Penjamin mereka adalahย kami,” tandasnya. “Pintu dan hati kami terbuka untuk perusahaan-perusahaan Jerman.”

Erdogan menambahkan bahwa pemerintah Jerman “menyembunyikan para teroris” dan “mereka harus bertanggung jawab karena hal ini.”

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *