Erdogan: Saya Tidak Setuju Sanksi atas Qatar

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan tegas menolak sanksi atas Qatar dalam buka puasa bersama di markas besar AKP di Ankara.

“Saya ingin katakan secara jelas bahwa kami tidak setuju sanksi atas Qatar,” ujarnya.

“Perkembangan sekarang ini, yang muncul di saat kita sangat membutuhkan kerjasama dan solidaritas, jelas tidak akan memberikan keuntungan kepada siapapun di kawasan ini.”

Presiden Turki malamnya juga melakukan serangkaian pembicaraan telepon dengan sejumlah pemimpin dunia yang bertujuan meredakan ketegangan pasca pemutusan hubungan diplomatik negara-negara Teluk atas Qatar atas tuduhan negara tersebut mendukung terorisme pada hari Senin.

Erdogan bercakap dengan Emir Qatar Tamim bin Hamad bin Khalifah al Thani, Presiden Rusia Vladimir Putin, Emir Kuwait Sabah al Ahmad al Jabir al Sabah dan juga dengan Raja Saudi Salman.

Dalam perbincangan telpon tersebut, Erdogan menegaskan pentingnya diplomasi dan dialog untuk memecahkan krisis yang terjadi.

Erdogan menegaskan pentingnya perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah serta berjanji untuk melanjutkan upaya penyelesaian atas isu tersebut.

Pertemuan Trilateral Turki, Iran, Irak Bahas Isu Qatar

Pertemuan trilateral yang melibatkan para tokoh politik dari Iran, Irak dan Turki akan diselenggarakan di Baghdad untuk memecahkan permasalahan Qatar, ujar kepala Dewan Kebijakan Iran, Mohsen Rezai.

“Iran, Turki dan Irak akan bertemu di Baghdad untuk selanjutnya mengajak OKI membahas isu Qatar,” ujarnya.

Pejabat Iran tidak mengungkapkan kapan pertemuan tersebut diselenggarakan.

Pengumuman tersebut disampaikan menyusul pembicaraan sebelumnya antara Menlu Iran dengan sejawatnya dari Turki dan Irak dalam menanggapi perkembangan politik terbaru antara Qatar dan negara-negara Teluk.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *