Erekat: Solusi Dua Negara Akan Terwujud Jika Pelanggaran Israel Dihentikan

Pejabat senior dan juru runding Palestina Saeb Erekat mengatakan bahwa perwujudan solusi dua negara membutuhkan penghentikan pelanggaran terus menerus pemerintah Israel, bukannya membiarkan pelbagai pelanggaran Israel.

Pernyataan Erekat disampaikan dalam pertemuannya dengan perwakilan khusus Uni Eropa untuk proses perdamaian Fernando Gentilini, Konsul Jenderal Inggris, AS dan Jepang untuk Palestina.

Erekat menekankan bahwa persetujuan pembangunan 2500 unit permukiman ilegal Israel di wilayah pendudukan Tepi Barat dan 566 di Yerusalem Timur adalah balasan Israel atas pemungutan suara Dewan Keamanan PBB yang meloloskan Resolusi 2334 tentang permukiman ilegal ย Yahudi danย juga ย atas pernyataan akhir Konferensi Perdamaian di Paris.

Dia menegaskan bahwa tindakan terbaru Israel telah menghancurkan solusi dua negara dan menggantikannya dengan rejim apartheid.

Juru runding Palestina ini juga mengingatkan bahwa tindakan tersebut dapat menyeret seluruh kawasan kedalam gelombang baru kekerasan, ekstrimisme dan pertumbahan darah.

Dia menyerukan negara-negara dunia untuk berdiri bersama melawan teror dan ekstrimisme, namun di sisi lain, berpihak kepada stabilitas, keamanan dan perdamaian di kawasan Timur Tengah yang dimulai denganย “mengeringkan oasis permukiman”.

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *