Gaza Sedang Sekarat, Bagi Sebagian Warga, Perang Bukan Opsi Buruk

Laman Israel Walla! telah memperingatkan kondisi kehidupaan yang semakin memburuk di Jalur Gaza sehingga berpotensi menyebabkan perang lain. Kondisis ini dapat menyebabkan terhambatnya rekonsiliasi Palestina, meskipun pada kenyataannya baik Hamas mauppun Israel sendiri tidak menginginkan eskalasi tersebut. 

Walla! melaporkan bahwa pada saar Israel mencoba mencari pihak yang menembakkan roket pada Rabu, penduduk Jalur Gaza hidup dalam keputusasaan dan frustasi karena kondisi ekonomi yang sangat buruk. Kondisi justru meningkat sejak rekonsiliasi disepakati di Kairo, karena sebagiannya, otoritas Palestina di Ramallah menolak mencabut sanksi yang diberlakukan kepada Gaza lebih dari 8 bulan. 

“Roket tersebut ditembakkan pada Rabu di tempat terbuka di Gaza,” ujar sumber Walla! yang anonim. “Ada tidak perlu petugas intelejen untuk memahami bahwa kelompok-kelompok di Gaza yang menginginkan eskalasi militer dan perang melawan Israel. Tidak penting siapa mereka, apa yang penting adalah mengapa? Jawabannya mudah, sutuasi kemanusiaan sedang memburuk dan perang dipandang bukan sebagai opsi buruk dalam opini mereka.”

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *