Hamas Tangkap Mata-Mata Israel

Badan keamanan Palestina yang dikendalikan Hamas di Jalur Gaza mengumumkan telah menangkap veteran mata-mata. Pria 53 tahun berinisial “NM” didakwa membantu pasukan pendudukan Israel untuk mematahkan perlawanan rakyat Palestina di wilayah tersebut selama 8 tahun.

Menurut Al Majd, sebuah laman yang mengkhususkan pada berita intelejen ini ย melaporkan bahwa NM mendapatkan panggilan telepon pada 2007 dari seseorang yang menyebutkan dirinya sebagai agen badan intelejen Israel Shabak. Dia diminta untuk bekerjasama dengan Israel untuk uang. Setuju atas permintaan tersebut, dia ditugaskan oleh Shabak untuk melaporkan aktivitas militer para pejuang Palestina dan juga menyebarkan propaganda anti Hamas dan gerakan perlawanan diantara penduduk Gaza. Dia menjadi kontak bagi mata-mata lain untuk mendapatkan uang dan peralatan elektronik yang dibutuhkan.

Dalam serangan militer Israel atas Jalur Gaza pada 2008-2012, NM memberikan informasi kepada Israel tentang rumah-rumah para pejuang perlawanan, tempat peluncuran roket dan detail lainnya yang menyebabkan terbunuhnya banyak penduduk Palestina. Dia semapat tidak aktifย selama perang Gaza 2014 karena penangkapan mata-mata dan informan yang dilakukan Hamas.

Sebelum ditahan, dia sempat bertemu dengan pejabat Shabak di Israel dan memperbaharui komitmennya untuk membantu pasukan pendudukan Israel. Selama penyelidikan terhadap aktivitasnya, dia juga masih menjalankan tugas agen Shabak hingga kemudian ditahan.

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *