HRW: 52 Penduduk Lokal Arab Dieksekusi Milisi Yazidi

Lembaga pengawas HAM internasional, Human Rights Watch (HRW) menuduh milisi Yazidi telah mengeksekusi 52 penduduk sipil di Mosul, Irak Utara. 

Lembaga tersebut mengatakan bahwa mereka telah bertemu dengan para kerabat korban dari kabilah Inteywit dan melihat langsung tempat kejadian kejahatan tersebut. Milisi Yazidi telah secara paksa menahan dan kemudian mengeksekusi mati para pria, wanita dan anak-anak yang merupakan anggota dari delapan keluarga kabilah tadi. Mereka melarikan diri dari perang antara pasukan Irak dengan Daesh.

Para milisi Yazidi diduga kuat terlibat dalam penghilangan paksa para anggota kabilah Imteywit dan Jahavish pada akhir 2017.

Wakil Direktur Timur Tengah HRW Lama Fakih mengatakan: “Ketika perang melawan ISIS mulai meredup di Irak, pasukan keamanan seharusnya lebih memfokuskan diri kepada upaya pencegahan balas dendam dan penegakan hukum.”

“Kejahatan di masa lalu terhadap Yazidi tidak seharusnya memberikan kesempatan kepada para milisinya untuk melakukan pelanggaran kemanusiaan terhadap kelompok lain, apapun tindakan mereka di masa lalu,” tukasnya.

HRW menunjukkan bahwa 52 warga Arab hilang dari desa dekat Sinjar dan berikut penemuan kuburan massal, termasuk korban dari kabilah Imteywit.

HRW juga menambahkan bahwa lembaga tersebut menerima daftar nama lima milisi yang melakukan kejahatan tersebut. 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *