Hubungan Tegang, Saudi Hentikan Bantuan Kepada Mesir

Hubungan antara Mesir dan Arab Saudi menegang sebagai akibat minimnya dukungan junta militer Mesir kepada kebijakan luar negeri kerajaan Saudi.

Setelah Presiden Abdel Fatah al Sisi berkuasa melalui kudeta militer 3 Juni 2013, kerajaan Saudi bersama dengan sejumlah negara-negara Teluk segera menyatakan dukungannya kepada aksi kudeta berdarah di Mesir. Pasca kudeta, negara-negara Teluk mengucurkan dana milyaran dollar untuk mendukung junta militer Mesir yang dikenal memiliki catatan HAM yang buruk. Pelbagai proyek investasi selanjutnya ย digelontorkan oleh para monarki Teluk.

Sebagai gantinya, negara-negara Teluk mengharapkan dukungan rejim Sisi baik dalam skala regional maupun internasional. Salah satunya adalah dukungan Mesir atas invasi koalisi yang dipimpin Saudi di Yaman.

Sementara secara formal, pemerintah Mesir menyatakan dukungan penuhnya atas Arab Saudi, namun dukungan militernya tidak diberikan seperti yang diharapkan. ย Kontribusi Mesir hanya sebatas dukungan udara dan laut terbatas kepada pasukan koalisi, dengan kehadiran 800 tentara Mesir di Laut Merah dan Selat Bab al Mandab. Kawasan ini telah dibersihkan dari para pemberontak Houthi sejak pertengahan Juli 2015.

Dalam konflik di Suriah, rejim Sisi mendukung proses politik yang melibatkan Presiden Bashar al Assad bersebarangan dengan politik Riyadh yang menghendaki penggulingan rejim Assad dukungan Iran dan Rusia.

Pekan ini, Mesir memberi dukungan resolusi yang dirancang Rusia di Dewan Keamanan PBB tentang bantuan kemanusiaan di Suriah. Langkah Mesir ini memantik kemarahan Arab Saudi yang berujung kepada penundaan ekspor minyak Saudi ke Mesir.

Koran Lebanon Al Akhbar melaporkan bahwa Saudi mungkin akan memotong bantuannya ke Mesir. Dalam wawancara dengan Diplomat Mesir disebutkan bahwa manuver perusahaan ARAMCO Saudi bukan merupakan kejutan karena Arab Saudi akan membekukan juga beberapa proyek investasi di Mesir.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *