Iran Serang Saudi Melalui Oman dan Uni Emirat Arab

Iran mengirim beberapa pesawat tanpa awak yang digunakan pemberontak Houti untuk menyerang Arab Saudi via Uni Emirat Arab dan Oman, ungkap badan intelejen Inggris.

Dalam laporan yang dikutip IranWire, lembagaย Conflict Armament Research (CAR) yang memiliki spesialisasi dalam pelacakan senjata mengatakan bahwa Iran telah mengirim beberapa pesawat tanpa awak ke Yaman melalui Uni Emirat Arab dan Oman serta kemudian menggunakannya untuk menyerang radar sistem pertahanan rudal Saudi.

Teheran menyuplai pemberontak Houthi dengan pesawat tanpa awak Qasef-1 dan Ababil-II. Para spesialis menguji pecahan pesawat tanpa awak Iran yang digunakan untuk menghantam radar sistem pertahanan rudal di Arab Saudi dan memastikan bahwa pesawat tersebut buatan Iran.

Pesawat tanpa awak tersebut berharga tidak lebih dari 10 ribu dollar, namun mampu merusak sistem pertahanan Patriot yang berharga juta dollar.

Michetti, analis CAR membantah klaim pemberontak Houthi bahwa mereka merakit sendiri pesawat tanpa awak tersebut dan menolak keterlibatan Iran.

Para pakar CAR juga mengonfirmasi bahwa Iran mengirim pesawat tanpa awak tersebut ke Dubai dan kemudian Oman, serta selanjutnya dikirim lewat darat ke Yaman.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *