Israel Isyaratkan Perang Besar-Besaran di Suriah

Kepala Staff Angkatan Bersenjata Israel kemarin mengisyaratkan kemungkinan negaranya melancarkan perang besar-besaran mencegah berkuasanya Syiah di Suriah. Letnan Jenderal Gadi Eisenkot menyampaikan pernyataan tersebut di Universitas Herzliya dan menuduh pemerintah Iran bekerja untuk meyebarkan pengaruh”Bulan Sabit Syiah” di seluruh wilayah Irak, Suriah, Yaman, Bahrain dan Jalur Gaza. 

“Dalam bulan-bulan berikutnya, investasi di wilayah Palestina juga semakin besar,” katanya,” didorong oleh keinginan untuk mempengaruhi dengan meningkatkan bantuan tahunan di Jalur Gaza untuk Hamas dan gerakan Jihad Islami hingga 100 juta dollar.”

Mengutip data dari intelejen Israel, seorang perwira senior Israel mengatakan Suriah sekarang menampung sekitar 2000 penasehat militer Iran dan 8000 pejuang dari Hizbullah Lebanon. Ada sekitar 10 ribu militan dibawah pengaruh Iran dari negara-negara seperti Irak, Afghanistan dan Pakistan. 

“Kita tidak mengabaikan bahwa Hizbullah, para militan Syiah dan Iran mendapati mereka pada sisi yang menang di Suriah bersama Presiden Bashar al Assad,” ujar Eisenkot. “Kami mencoba upaya militer dan internasional di beberapa wilayah lain untuk mencegah Iran memperkuat eksistensinya di Suriah dan keberadaan Iran di Suriah akan menjadi hal negatif untuk Israel dan Suriah sendiri dan juga Eropa. Israel mungkin dapat menjadi anggota koalisi luas yang akan mencegah pemaksaan hegemoni Syiah di Suriah.”

Pemerintah Israel telah menuduh Iran berulang kali menjadi kekuatan internasional yang paling penting yang mendukung terorisme dan destabilisasi di Timur Tengah. Pandangan yang didukung oleh AS, Arab Saudi dan sekutu Arab-nya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *