Israel Tekan AS Keluar dari Badan HAM PBB

PM Israel Benjamin Netanyahu mengatakan kepada para menterinya bahwa dia telah mendesak Presiden AS Donald Trump untuk keluar dari Badan HAM PBB.

Sebelumnya, utusan AS mengeluarkan peringatan bahwa AS akan mempertimbangkan keluar dari Badan HAM PBB ukarena menganggap badan tersebut memiliki obsesi permusuhan terhadapย Israel.

Netanyahu menyatakan kepada anggota partai Likud bahwa dirinya telah merekomendasi dicabutnya keikutsertaan AS dalam badan HAM PBB tersebut karena sikap biasnya terhadap Israel.

“Selama kunjungan ke AS, saya mengangkat isu apakah AS masih seharusnya masih perlu di Badan HAM PBB,” ujarnya.

Pernyataan PM Israel senada dengan pernyataan anggota parlemen Likud Anat Berko yang mempertanyakan relevansi AS berada di lembaga HAM PBB.

Netanyahu menegaskan,” AS baiknya keluar. Organisasi itu harus didelegitimasi,” tukasnya.

Saat ini, AS adalah salah satu 47 anggota lembaga tersebut dan memiliki hak untuk memberikan suara. Mantan Presiden AS George W. Bush pernah memboikot badan tersebut karena sikapnya terhadap Israel, sementara Presiden AS Barack Obama yakin keterlibatan AS dalam badan tersebut sangat penting.

Sejak berdirinya pada 2006, Badan HAM PBB telah mengeluarkan banyak pernyataan kecaman terhadap Israel ketimbang negara-negara lain.

Banyak pengamat menilai tidak ada bias terhadap Israel. Dalam pandangan mereka, justru lebih penting lagi, AS harus berperan ย mengakhiri pendudukan brutal yang telah berlangsung 60 tahun ketimbang hanya menghabiskan energi untuk menyerang institusi PBB yang tugasnya menangani pelanggaran HAM tersebut.

 

 

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *