Ketua Partai Buruh Inggris: Blokade Gaza Harus Diakhiri

 

Menyatakan sesuatu yang bertentangan di depan forum selalu akan menjadi peristiwa yang tidak menyenangkan.

Jeremy Corbyn, ketua Partai Buruh Inggris ย yang berhaluan kiri menerima undangan untuk berpidato di pertemuan Partai Buruh Sahabat Israel (LFI), yang merupakan kelompok lobbi partai Buruh di parlemen yang mendukung Israel.

Meskipun dia berpidato relatif moderat namun kritis tentang Israel, dia tidak luput dari cacian peserta yang hadir. Peristiwa ini terjadi dalam pertemuan tahunan Partai Buruh di Brighton.

Sebelum kemenangannya yang mengejutkan dalam pemilihan ketua partai Buruh bulan lalu, Corbyn dikenal selama bertahun-tahun sebaagi salah satu pendukung Palestina di parlemen. Penerimaannya atas undangan LFI dianggap sebagai kembalinya sang pahlawan.

Seperti disebutkan dalam wawancara eksklusif Electronic Intifada pada Agustus, dia adalah seorang patron kampanye solidaritas Palestina dan selama puluhan tahun aktif dalam solidaritas gerakan kemerdekaan Palestina.

Dia mendukung embargo senjata kepada Israel, boikot universitas-universitas yang terlibat dalam riset senjata dan mendukung hak kembali bangsa Palestina sebagai solusi politik yang penting.

Dialog

Dalam pidato singkatnya, Corbyn menekankan “pentingnya dialog jangka panjang..perdamaian melalui negosiasi dan pengakuan hak dan tradisi bagi semua rakyat di kawasan tersebut.”

Dia juga berharap bahwa “kita dapat menjamin pengepungan Gaza atau pembatasannya segera dicabut.”

Dia menegaskan bahwa komitmennya untuk keadilan berarti bahwa “sesuatu yang anda harus kritis terhadap orang-orang karena pelanggaran haknya” -dia tampaknya sedang membicarakan Israel namun dengan tidak menyebutnya secara langsung.

Terdengar orang protes karena Corbyn tidak menyebutkan kata Israel dalam pidatonya.

Orang tersebut adalah Michel Foster, mantan pebisnis dan donor Partai Buruh yang kaya. Pada Juli 2016, dia melancarkan kampanye untuk menjegal Corbyn agar tidak terpilih sebagai ketua partai Buruh.

Foster membentuk kelompok preman politik. Karena gagal menjadi anggota parlemen, dia dilaporkan mengintimidasi pesaingnya seorang perempuan dengan sebutan “alat kelamin” dan mengancam akan menghancurkan karirnya setelah kandidat parlemen tersebut menyebut kekayaannya yang mencapai 1,5 juta poundsterling yang disimpannya di rumah. Foster membantah melakukan intimidasi tersebut.

Perlawanan Akar Bawah

Hal ini tidak hanya tercermin dalam kepemimpinan Partai Buruh. Terpilihnya Corbyn merefleksikan dukungan luas dari akar rumput dalam internal partai terhadap kebijakan partai Buruh yang pro perang selama kepemimpinan Tony Blair.

Solidaritas Palestina ย kini menjadi jantung gerakan buruh di Inggris, dimana hampir semua kelompok buruh mendukung gerakan boikor Israel.

Federasi Zionis Inggris, organisasi sayap kanan bereaksi atas pidato Corbyn dengan mengatakan bahwa Zionis Partai Buruh telah mati.

Seorang pengamat mengatakan bahwa kelompok kiri pro Israel kini telah mati di Inggris.

Dia boleh jadi benar, meskipun kelompok seperti LFI yang kuat secara pendanaan tidak akan membiarkan hal itu terjadi.

Namun keadaan telah banyak berubah dan afiliasi kelompok itu dengan partai tidak menjamin mulusnya karir politik mereka.

Liz Kendall adalah kandidat pemimpin Partai Buruh yang dekat dengan Blair dan menekankan dalam pertemuannya dengan LFI bahwa “dia akan selamanya menjadi sahabat Israel.”

Namun dia hanya mendapatkan 4,5 persen suara.

Mandat Crobyn dari setiap sektor (59,9 persen suara) menjadi kemenangan besar yang menggagalkan rumur kudeta atas dirinya.

 

 

 

Gaya kepemimpinan Corbyn yang rekonsiliatif dan terbuka mungkin dapat membantunya meredam ketegangan dalam internal partai. Namun akan tetap meninggalkan tantangan atas otoritasnya di masa depan.

Hanya saja, era Partai Buruh yang secara instingtif mendukung kejahatan perang Israel telah berakhir.

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *