Komite Anti Blokade Serukan Dana Darurat untuk Gaza

Kepala Komite Rakyat Melawan Blokade Gaza menyerukan PBB untuk membentuk dana darurat untuk membantu krisis kemanusiaan di Jalur Gaza. Jamal al Khodari, ketua komite memperingatkan bahwa krisis kemanusiaan di wilayah Gaza telah berada pada kondisi membahayakan karena problem listrik, air bersih dan sanitasi.

“Tujuan dana ini adalah untuk menangani konsekuensi berbahaya dari krisis kemanusiaan di Gaza karena perbedaan politik dan tindakan yang dilakukan penjajah Israel,” ujar anggota parlemen ini. Dia menerangkan bahwa dana ini akan digunakan dalam kerangka dan prinsip PBB, Konvensi Jenewa dan Peraturan Internasional tentang Hak Sipil dan Politik.

Al Khodari menyerukan semua LSM Palestina untuk mendukung gagasan ini dengan melakukan mobilisasi dan mendorong PBB untuk merealisasikannya. Dia menekankan bahwa dia sedang menjalin komunikasi dengan setiap orang yang prihatin dengan isu kemanusiaan ini.

Ketua komite anti blokade ini menyerukan kepada semua negara Muslim dan Arab serta masyarakat internasional membantu rakyat Gaza, Palestina, khususnya anak-anak, para pasien dan orang-orang yang berkebutuhan khusus.

Komite anti melawan blokade menjelaskan bahwa stagnasi ekonomi telah mengguncang wilayah Gaza dengan tingka pengganguran mencapai 25 persen dari total 2 juta penduduk, termasuk ribuan lulusan universitas, Hampir 80 persen penduduknya berada dibawah garis kemiskinan.

Krisis kemanusiaan di Gaza diakibatkan oleh lebih dari 10 tahun blokade Israel dan 3 kali serangan militer Israel yang menewaskan ribuan orang dan menghancurkan puluhan ribu infrastruktur kotaย vital di kota tersebut.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *