Laporan: Putera Mahkota Desak Abbas Terima Proposal Trump

Putera Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohamed bin Saman mengancam Presiden Palestina Mahmoud Abbas bhwa dia akan disingkirkan jika tidak bekerjasama dengan kerajaan dan mendesaknya untuk mendukung rencana damai AS, demikian laporan Middle East Eye, Sabtu, berdasarkan sumber dari pejabat Palestina.

Menurut laporan tersebut, putera mahkota meminta Abbas untuk bekerjasama dengan rencana damai Palestina-Israel yang diajukan pemerintah Trump dengan menegaskan bahwa AS hanya satu-satunya pemain di kawasan dalam proses damai selama kunjungan presiden Palestina ke Riyadh Rabu.

“AS adalah satu-satunya negara yang berpengaruh terhadap Israel. Ini adalah satu-satunya negara yang dapat menekan Israel dalam proses damai dan tidak kekuatan lain yang mampu melakukannya, tidak Uni Eropa, Rusia maupun China,” kata Salman kepada Abbas, ungkap sumber yang bersamai Abbas dalam pertemuan tersebut.

Menurut sumber itu pula, Salman memperingatkan Abbas jika dia tidak menekan rakyat Palestina di Lebanon untuk mendukung koalisi pro Saudi, maka posisinya akan diberikan kepada Mohammed Dahlan, pesaingnya yang ada di Pengasingan.

“Presiden membiarkan pintu tetap terbuka, mengatakan kepada putera mahkota jika AS ingin mendeklarasikan bahwa proses damai berdasarkan solusi dua negara dengan perbatasan 67, termasuk ibukota Yerusalem Timur sebagai ibukota Palestina maka kami siap berunding segera, namun mereka ingin menyeret kami menggunakan versi perdamaian Israel, kita tidak bisa terima,” ujar pejabat itu

Abbas juga mengadakan pertemuan dengan raja Salman di ibukota, yang dihadiri oleh sejumlah pangeran senior dan pejabat Palestina. Pertemuan tersebut tidak menyertakan putera mahkota.

Kunjungan Abbas ke Riyadh terjadi sepekan setelah kepala-kepala negara Muslim di Turki menolak dan mengecam keputusan Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Arab Saudi dan beberapa sekutunya, termasuk Uni Emirat Arab tidak hadir di tengah rumor yang berkembang bahwa kerajaan akan menekan Abbas untuk membatalkan klaim Palestina atas Yerusalem Timur dengan konsesi dukungan ASย terhadap negara-negara Telukย dalam menghadapiย musuhnya, Iran.

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *