Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u692536656/public_html/wp-includes/post-template.php on line 275

MA Filipina Desak Pemerintah Protes Keras Invasi China atas Kedaulatannya

Hakim Mahkamah Agung Filipina Antonio Carpio mendesak wakil Menlu Alan Peter Cayetano dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte Sabtu untuk melayangkan protes keras atas apa yang disebutnya sebagai “invasi atas kedaulatan Filipina”.
 
“Mereka harusnya mengirim kapal perang Filipina untuk menjaga Sandy Cay, dan jika kapal perang China menyerang kapal perang Filipinan, maka segera berlaku kerjasama pertahanan AS-Filipina,” tukas Carpio.
Foto satelit yang dirilis Inisiatif Maritim Asia untuk Pusat Studi Internasional dan Strategi (AMTI-CSIS) menunjukkan kapal-kapal China masuk 1-3 mil dari pulau Pag-asa Filipina.
AMTI menyimpulkan bahwa kehadiran kapal penjaga pantai pemerintah China yang mendampingi 9 kapal sipil China lainnya menunjukkan kesengajaan. 
“Mereka secara sengaja membiarkan hal ini dengan mengawal dan menjaganya,” beber AMTI. 
Foto yang dirilis mendukung peringatan dari anggota parlemen Filipina sebelumnya yang menyebutkan rencana China menduduki garis pantai dekat Pag-Asa.
“Penjelasan masuk akal atas kehadiran provokatif dan tiba-tiba adalah Beijing hendak menggagalkan Manila yang berencana membangun pangkalan di Thitu,” ungkap AMTI.
 AMTI menambahkan bahwa kapal-kapal China muncul di kawasan tersebut setelah Filipina  mengumumkan rencana untuk meningkatkan fasilitas keamanan di Pag-Asa yang terhenti karena cuaca buruk. 

_67616829_south_china-sea_1_464

Facebook Comments

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u692536656/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *