Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u692536656/public_html/wp-includes/post-template.php on line 275

Menlu Inggris: Rusia Setuju Assad harus Turun

Bashar al-Assad harus turun sebagai bagian dari perjanjian damai di Suriah, kata Boris Johnson. Ini  menjadi pernyataan resmi pertamanya sejak menjabat Menlu Inggris.
Johnson mengatkan bahwa Bashar Assad adalah presiden yang menggunakan bom silinder dan alat perang untuk mempertahankan kekuasaannya sehingga menyebabkan 400 ribu warga sipil tewas.
Dia menambahkan “bahkan” Rusia sendiri menerima pentingnya pergantian kekuasaan di Suriah.
Pernyataan Johnson tersebut disampaikannya saat menyambut kelompok oposisi di Suriah Rabu.
Johnson menulis di Times: “Akan ada pertemuan di London dengan kelompok yang memiliki pengalaman langsung dalam mengelola Suriah dan menolak kepemimpinan diktator Assad. Mereka ingin membentuk negara  baru yanga memiliki prinsip check and balances dimana hak perempuan dan kaum minoritas dihormati.”
“Ambisi mereka adalah untuk menjamin ruang yang aman, bebas dari kelompok ekstrim dan para pengungsi dapat kembali ke negaranya. Diatas itu semua, kelompok ini tidak mewakili kepentingan satu kelompok atau peralihan kekuasaan dari satu faksi ke faksi lainnya.”

Johnson mengatakan konsep transisi politik di Suriah telah diterima banyak pihak bahkan Rusia menerimanya.Namun, katanya, mereka masih mempertahankan Assad karena takut atas apa yang terjadi setelah dia tidak ada. Oleh karena itu kelompok ini menerima konsep peralihan gradual.

“Pertama akan ada enam bulan fase negosiasi antara rejim dan pihak oposisi, yang ditandai dengan gencatan total dan akses bantuan kemanusiaan di seluruh negeri,” tandasnya.

“Berikutnya, ada periode 18 bulan dimana Suriah dipimpin oleh badan transisi yang dikelola bersama tokoh-tokoh oposisi, perwakilan dari pemerintah dan kelompok sipil.”Pernyataan Johnson muncul beberapa bulan setelah dia menulis di Daily Telegraph pada Maret 2016, ketika dia masih menjabat sebagai walikota London. Dalam tulisannya tersebut, Johnson memuji Assad karena berhasil membebaskan Palmyra dari ISIS.

Facebook Comments

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u692536656/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *