Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u692536656/public_html/wp-includes/post-template.php on line 275

Menlu Qatar: Otoritarianisme Lahirkan Ekstrimisme

Menlu Qatar mengatakan Kamis bahwa ekstrimisme di Timur Tengah adalah buah otoritarianisme. Mohammed bin Abdulrahman Al thani mengutarakan kesedihannya bahwa kawasan ini menjadi kawasan instabilitas, bukannya perdamaian dan ko-eksistensi.

“Orang-orang yang menderita karena penguasanya mendapatkan kekuasaan dengan cara yang buruk, mencopotiย hak dan kehormatan warga negaranya,” papar menteri dalam konferensi anti teror di London yang disponsori pemerintahannya. “Rakyat pada akhirnya menjadi korban kelompok-kelompok ekstrimis.”

Anak-anak di kawasan ini, tambahnya, telah hidup dalam kekejaman di Suriah, dibawah Daesh di Irak dan di Yaman. “Mereka kehilangan harapan dan masa depannya.”

Untuk mencegah terorisme, Al Thani menyerukan stabilitas di kawasan Timur Tengah. “Ini adalah salah satu cara utama memenangkan perang atas teror dan menghalangi terorisme,” tandasnya. “Kita membutuhkan komitmen politik untuk mengakhiri perebutan (pengaruh) di Timur Tengah dan Afrika Utara.”

Menurut Guardian, Menlu Qatar juga menuduh Arab Saudi merusak kawasan. “Pola yang dilakukan dengan menciptakan krisis untuk menutup krisis sebelumnya.”

Arab Saudi telah menciptkan bencana kemanusiaan di Yaman, memecah belah negara-negara Teluk dengan menyerang Qatar tanpa konsep penyelesaian yang baik dan mencoba menekan PM Lebanon untuk mundur, menyebabkan kevakuman kekuasaan di negara itu. “Apakah kebijakan mereka sejauh ini memberikan hasil positif? Justru yang terjadi adalah kontraproduktif terhadap stabilitas di kawasan ini,” kritiknya.

ย 

Facebook Comments

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u692536656/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *