Netayanhu Anggap Ide Negara Palestina Merdeka Buang-Buang Waktu

Sumber Israel menyebutkan bahwa PM Benjamin Netanyahu akan memberitahu Presiden AS Donald Trump untuk “tidak buang-buang waktu” membicarakan negara Palestina.

Netanyahu bertemu dengan Trump kemarin untuk pertama kali sejak menjabat sebagai presiden.

Netanyahu memberitahu Trump akan membahas isu negara Palestina “akan kehilangan feasibilitasnya secara praktik”.

Kemenangan Trump disambut suka cita dan optimisme di Israel. Selama kampanye, dia berjanji untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel dan memindahkan kedutaan AS dari Tel Aviv ke kota yang dirampas Israel tersebut.

Penunjukkannya atas beberapa tokoh garis keras AS yang pro permukiman ilegal Israel di pemerintahannya telah mengkhawatirkan banyak kalangan tentang masa depan negara Palestina.

Secara terpisah, seorang pejabat senior AS menyebutkana bahwa pemerintah baru AS tidak “mendiktekan poin-poin perjanjian” kepada Netanyahu.

Diyakini bahwa Washington akan terus memfasilitasi perjanjian damai antara Israel dan Palestina, namun solusi dua negara tidak lagi menjadi kerangka acuan mereka.

Mengutip pejabat senior Gedung Putih, “solusi dua negara yang tidak membawa perdamaian bukan tujuan kita.”

“Perdamaian adalah tujuan, apakah itu dalam bentuk solusi dua negara, jika itu adalah yang diinginkan atau sesuatu lainnya, kita akan bantu mereka.”

“Kita tidak akan mendiktekan apa pasal-pasalnya,” tambah pejabat senior Gedung Putih tersebut,

 

 

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *