Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u692536656/public_html/wp-includes/post-template.php on line 275

Para Pejuang Suriah Memukul Mundur Pasukan Assad dari Aleppo

Kelompok perlawanan Suriah mengumumkan bahwa para pejuang mereka telah menembus pengepungan kota Aleppo dari pasukan rejim Bashar Assad.

Dalam twitternya, kelompok perlawanan Koalisi Nasional Suriah, Sabtu; “Para pejuang menembus pengepungan Aleppo.”

Grup Ahram al Sham juga menyatakan hal yang serupa di twitter bahwa para pejuang telah menguasai Ramosa, sisi selatan kota Aleppo sehingga “membuka rute masuk Aleppo.

Pasukan rejim Assad mengepung basis perlawanan Aleppo sejak 17 Juli lalu, setelah menutup rute terakhir kelompok perlawanan atas kota tersebut.

Namun TV al Manar milik Hizbullah yang mendukung rejim Assad membantah klaim tersebut dan menyebutnya sebagai kabar bohong.

Seorang jurnalis di kota Aleppo seperti dikutip Al Jazeera membenarkan bahwa pengepungan atas kota itu telah terbuka dan koalisi pasukan perlawanan yang menamakan dirinya Jaish al Fatah  telah mengambil alih basis militer strategis di Ramosa, Selatan Aleppo.

Mereka menggunakan basis itu melancarkan serangan atas wilayah yang diduduki pemerintah, ungkap jurnalis tersebut.

Para pejuang Suriah merebut markas militer Aleppo

Jalur antara al Amiriya dan Ramosa kini telah dikuasai pasukan perlawanan.

Dalam keterangan yang sama, Jabhat Fathah al Sham, sebelumnya bernama Al Nusra, Sabtu mengatakan bahwa pasukannya telah keluar dari Aleppo menuju ke wilayah luar kota.

Kelompok monitoring HAM yang berbasis di Inggris, Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) mengatakan bahwa para pemberontak telah menghubungkan dan masuk ke distrik timur Aleppo, namun belum sepenuhnya dapat mengontrol karena gempuran udara  dari pesawat tempur Rusia dan serangan darat rejim Assad.

Diperkirakan ada 250 ribu warga sipil yang terjebak di Aleppo.

Konflik Suriah diawali pembasmian aksi protes damai anti Rejim Bashar Assad pada Maret 2011, yang kemudian berubah menjadi perang saudara.

SOHR mencatat tidak kurang 280 ribu warga Suriah meninggal dalam 5 tahun konflik berdarah ini.

 

 

Facebook Comments

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u692536656/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *