Pasukan Mesir yang Didukung UEA Ditempatkan di Eritria

Dengan kordinasi Uni Emirat Arab (UEA), pasukan Mesir tiba di Eritria kemarin. Sebuah sumber menyebutkan pertemuan diselenggarakan antara UEA, Mesir dan kelompok oposisi Sudan di Darfur dan Sudan Timur. 

Kehadiran militer Mesir di Eritria dianggap sebagai respon atas persetujuan Sudan kepada Turki  untuk mengambil alih kepulauan Suakin di Sudan tahun lalu, sebagai bagian dari kerjasama dengan Turki di Afrika. Suakin dulunya adalah pelabuhan besar di Sudan yang dikendalikan oleh pemerintahan Usmani sebelum kemudian mangkrak sejak dibangunnya Pelabuhan baru Sudan, 60 km ke utara. 

Turki sedang berencana membangun pangkalan militer di kepulauan Suakin. Sebelumnya, Turki membuka pangkalan militer di Somalia tahun lalu, menempatkan 200 pasukannya untuk melatih pasukan Somalia. Hubungan antara Abu Dhabi, Kairo dan Khartoum merenggang sejak kehadiran Turki di Sudan. 

Sumber militer Mesir membantah bahwa ada rencana untuk membangun pangkalan militer di Eritria tahun lalu. Namun laporan media di Sudan menyebutkan bahwa Mesir bekerjasama dengan Somalia dan Jibouti berencana membangun pangkalan militer  untuk 20-30 ribu pasukan. 

Sepanjang 2017, Mesir berupaya menyatukan lobbi Afrika untuk mempertahankan posisinya tentang bendungan Renaissance Ethiopia. Para pakar Mesir mengklaim bahwa bendungan tersebut membahayakan akses Kairo atas 55,5 milyar meter kubik sungai Nil. Namun, Ethiopia bersikeras bahwa proyek ini akan memberikan dampak positif dengan memberikan bantuan pasokan listrik kepada Mesir dan Sudan. 

Pembangunan bendungan dimulai pada 2011. Terletak 15 km di sebelah timur perbatasan Ethiopia dan Sudan sehingga menyebabkan ketegangan politik antara Mesir dan Ethiopia. Daya tampung bendungan tersebut sekitar 70 milyar meter kubik air, yang akan membantu menyelesaikan problem kekurangan pasokan listrik di Ethiopia. Bendungan tersebut akan menjadi pembangkit listrik hidro terbesar di Afrika. 

Facebook Comments

3 thoughts on “Pasukan Mesir yang Didukung UEA Ditempatkan di Eritria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *