PBB: Menyedihkan Melihat Malnutrisi Anak-Anak di Yaman

Kepala bantuan kemanusiaan PBB di Yemen menggambarkan pemandangan “yang benar-benar menyedihkan” menyaksikan anak-anak yang mengalami malnutrisi karena konflik di negara ini.

Badan Dunia PBB, UNICEF mengatakan hampir 3 juta penduduk Yaman membutuhkan bantuan segera makanan, sementara 1,5 anak-anak menderita malnutrisi, termasuk 370 ribu anak-anak mengalami malnutrisi sangat berat sehingga merusak sistem imun mereka.

Ketika mengakhiri kunjungan selama dua hari di wilayah Sanaa yang dikuasai para pemberontal, Stephen O’ Brien mengatakan bahwa dia mengunjungi rumah sakit di kota Hodeideh, Laut Merah dan menemui anak-anak kecil yang terdampak malnutrisi berat.

“Sungguh benar-benar menyedihkan ketika anda melihat malnutrisi berat seperti itu,” katanya, menyerukan lembaga-lembaga kemanusiaan bekerja memenuhi kebutuhan dasar di negeri yang terkoyak perang ini.

“Kami membutuhkan banyak langkah. Kami membutuhkan segala sesuatu untuk memenuhi kebutuhan bantuan dalam skala besar di Yaman,” katanya dalam kunjungan pertama sejak Agustus tahun lalu.

“Solusi terbaiknya adalah kita melihat solusi politik atas krisis ini,” tukas O’Brien.

Konflik antara pemerintah Yaman dan pemberontak Houthi memuncak tahun lalu setelah para pejuang Houthi menguasai ibukota Sanaa dan beberapa wilayah lainnya, serta pasukan koalisi pimpinan Saudi mengintervensi secara militer untuk mendukung Presiden Abdul Rabbu Mansur Hadi.

Pasukan koalisi melakukan blokade laut di Yaman dan kerap melakukan serangan udara ke basis-basis yang dikuasai pemberontak, termasuk beberapa rumah sakit dan fasilitas umum dilaporkan mengalami kehancuran dan korban jiwa dipihak sipil.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *