Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u692536656/public_html/wp-includes/post-template.php on line 275

Pejabat Afghanistan Tuding Iran Bantu Taliban

Pasukan keamanan Afghanistan secara resmi mengajukan keluhan kepada Iran karena dianggap mendukung aktivitas kelompok teroris seperti Taliban secara logistik dan militer.

Pejabat Afghanistan Asif Nangh menyatakan bahwa Iran mendukung organisasi fundamentalis dan menyediakan kamp dan pelatihan di wilayahnya sendiri.

Mantan diplomat Afghanistan Wahid Mojdeh memberitahu medi Deustche Welle: “Ini adalah pertama kalinya pemerintah Aghanistan telah menuduh Iran mendukung Taliban secara terbuka. Di masa lalu, mereka selalu menyalahkan Pakistan atas aksi ini.”

Juru bicara Afghanistan dan wakil komandan militer , Mullah Zabihullah tahun lalu mengatakan bahwa Taliban “menjalin hubungan dan komunikasi yang bagus dengan Iran berdasarkan pemahaman kawasan.”

Otoritas Afghanistan melaporkan bahwa aparat keamanan merampas bahan peledak dan senjata Iran yang dimiliki dan disimpan Taliban di Bamyan, Afghanistan tengah.

Mantan pemimpin Taliban, Mullah Akhtar Mansour dilaporkan mendapatkan perawatan media dan tinggal di iran selama dua bulan sebelum kemudian meninggalkan Iran. Mansour tewas sepekan setelah kembali dari Iran pada Mei tahun ini.

pelbagai laporan mengindikasikan Mansour membuat kesepakatana dengan Iran sebelum tewas, diaman dia menjamin bahwa Taliban, organisasi Sunni fundamentalis ini tidak berperang bersama Daesh.

Al Arabiyyah lebih jauh mengklaim bahwa Zabihullah telah mengonfirmasi bahwa Taliban menerima pesawat drone buata Iran, meskipun kemudian Zabihullah kemudian membantah adanya dukungan dari rejim Iran.

“Kami mendengar laporan tersebut, namun mereka bohong,” ungkap Zabihullah tahun lalu.

Penyingkapan hubungan Syiah Iran dengan organisasi ekstrimis Sunni muncul setelah adanya tuduhan terus menerus bahwa Taliban dan Al Qaeda difasilitasi dan mendapat dukungan Iran. Tahun ini, Kementerian Keuangan AS memberi saknsi kepada tiga agen Al Qaeda, yang ketiganya dikonfirmasi tinggal di Iran sekarang.

 

 

 

Facebook Comments

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u692536656/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *