Pemanasan Global Menyebabkan Laut Semakin Asin

Studi yang baru saja dirilis Kamis lalu menjelaskan efek baru pemanasan global: air laut di dekat pantai semakin asin sehingga berpotensi menggangu ekosistem di sepanjang pantai dan merusak sumber makanan yang bermanfaat bagi manusia.

Studi ini juga menolak teori yang diyakini sekian lama tentang salinitas di zona pantai. Dalam studi tentang pasir dan air di pantai Delaware, para peneliti menemukan bahwa air laut dekat pantai justru lebih asin ketimbang di tengahnya.  Sebelumnya para peneliti berpandangan bahwa air laut dekat dengan pantai memiliki kadar garam yang lebih rendah karena air tawar bercampur dengan air laut di pinggiran pantai. Penguapan karena naiknya  suhu di permukaan diduga menjadi sebab meningkatnya kadar garam di dekat pantai.

“Tingkat elevasi ini dapat disebabkan oleh penguapan, karena tidak ada mekanisme lain yang dapat menjelaskan naiknya kadar garam dalam air. -aiar terperangkap antara larutan sedimen,” kata  Xiaolong Geng, peneliti utama.

Ekosistem pantai sangat penting dalam menujang organisme mulai dari hutan bakau, anjing laut hingga plankton yang menjadi makanan utama banyak binatang laut. Hewan laut seperti cumi-cumi, udang dan remis menjadi sumber protein bagi penduduk di sekitar pantai.

Banyak organisme yang hidup di dekat pantai, seiring dengan peningkatan kadar garam jelas akan berdampak kepada kemampuan mereka bertahan hidup.

“Penguapan adalah penyebab penting aliran air di bawah tanah dan meningkatnya kadar garam. Hewan-hewan laut seperti remis dan udang akan terkena dampak perubahannya,” lanjut Geng. “Jika konsentrasinya terlalu tinggi atau terlalu rendah maka mereka akan pindah.”

Para peneliti meneliti hampir 400 contoh sedimen dalam siklus pasang naik dan surut air laut dari pagi hingga malam. Tim melihat sampel yang ditelitinya pada 7 hari berikutnya.

Hasil riset ini dipublikasikan di Jurnal Scientific Research di New Jersey  Institute of Technology.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *