Pemindahan Kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem Prioritas Utama Donald Trump

Penasehat senior Presiden terpilih Donald Trump menegaskan bahwa pemindahan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem akan menjadi “prioritas sangat besar” pemerintahnya dalam waktu dekat. Pernyataan Kellyanne Conway ini mendapat sambutan luas di pelbagai media Israel. “Dia sudah sejak awal jelas dalam kampanyenya”, ungkapnya, “dan sebagai presiden terpilih, saya mendengarnya berulang kali baik secara pribadi maupun umum.”

Conway juga menyatakan bahwa popularitas Trump meningkat di kalangan pelobi pro Israel karena ketegasannya ini.  “Ini adalah sesuatu yang sahabat kita, Israel, sahabat besar di Timur Tengah, akan hargai dan sesuatu yang banyak orang Yahudi Amerika inginkan,” klaimnya.  Langkah yang disebut mantan ketua kampanye Trump ini sebagai langkah besar.

Jika rencana itu berlanjut, maka tindakan AS ini akan memberi legitimasi atas permukiman ilegal Israel dan juga pencaplokan Yerusalem Timur sejak 1967. Langkah yang sebenarnya bertentangan dengan kebijakan AS selama puluhan tahun, belum lagi bertentangan dengan  hukum internasional. Pencaplokan Israel atas Yerusalem Timur tidak diakui dunia internasional dan pengambilan-alih wilayah tersebut tidak dapat diterima berdasarkan hukum internasional.

Sebagai respon atas pernyataan Trump dalam kampanyenya, duta besar Palestina untuk PBB, Riyad Mansour mengancam akan “menjadikan menderita AS” di PBB jika pemindahan tersebut benar-benar dilakukan. Dia menyatakan bahwa manuver tersebut melanggar Resolusi Dewan Umum PBB 181 berkaitan dengan status Yerusalem dan akan menghadapi permusuhan rakyat Palestina.

“Jika pemerintah AS ingin mengabaikan hukum internasional, maka AS melanggar,” kata Mansour. “Saya berharap bahwa AS tidak melakukan hal itu. Banyak kandidat memberikan janji selama kampanye, namun tidak melakukannnya karena apa yang anda kampanyekan adalah satu hal, namun ketika anda berhadapan dengan hukum, maka ini menjadi hal yang lain.”

Baik Bill Clinton dan George W Bush juga pernah menjanjikan hal yang sama untuk memindahkan kedutaaan AS selama kampanye presiden, namun tidak merealisasikannya.

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *