Pendiri Wikileaks Kecam kebohongan Media Arab Saudi

Pendiri Wikileaks Julian Assange mengecam Al Arabiya dan media Arab Saudi lainnya yang mempublikasikan “berita bohong” tentang dirinya. Assange mengkritik keras koran pemerintah Saudi yang menulis artikel bahwa dirinya menerima sejumlah uang dalam jumlah besar dari Qatar ย sebagai imbalan karena tidak memberitakan informasi sensitif tentang para penguasa di Doha.

Menjawab lewat twitter, Assange menuduh jaringan Al Arabiya milik Arab Saudi dan berkantor di UEA ย iniย “telah mempublikasikan berita bohong dan yidak berdasar tentang dirinya.”

View image on Twitter
ย Artikel tersebut mengklaim tentang peran Qatar dalam sejumlah skandal. Koran ini menuduh Qatar berada dibalik konspirasi untuk menghancurkan Bahrain; menjalin hubungan dengan Israel dan Wikileaks untuk menyetop publikasi kawat diplomatik tentang dukungan Qatar kepada 3 teroris yang diburu AS.

Sawsan Al Shaer adalah jurnalis yang menulis tuduhan tersebut berdasarkan pernyataan Assange sendiri. “Pendiri Wikileaks Julian Assange mengatakan dia memiliki bocoran 7 kawat diplomatik tentang Qatar,” tulisnya. “Hanya 5 yang dipublikasikan sementara sisanya tidak jadi dipublikasikan setelah Qatar bernegosiasi dengan administrator website Wikileaks dan bersedia membayar sejumlah uang dalam jumlah besar kepada mereka. Informasi tersebut tentang pertemuan mereka dengan para pejabat AS dan Israel untuk menghasut Mesir dan rakyatnya”.

Setelah Assange membantah tuduhan tersebut, Al Arabiya Inggris merespon bantahan pendiri Wikileaks tersebut dengan mengatakan bahwa mereka tidak bertanggung jawab atas artikel Al Arabiya Arab karena artikel tersebut bersumber dari koran yang berbeda (berbahasa Arab).

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *