Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u692536656/public_html/wp-includes/post-template.php on line 275

Perundingan Atas Nasib Masjid Babri yang Dirobohkan Fanatik Hindu Masih Berlangsung

Kelompok Muslim di India kemarin mengumumkan bahwa mereka menerima keputusan negosiasi yang diawasi Mahkamah Agung dengan kelompok Hindu atas nasib perobohan masjid Babri yang dipersengketakan.
“Kami menerima perundingan tersebut, namun mereka harus diawasi Mahkamah Agung dan kedua pihak harus memiliki status yang sederajat,” ungkap Sayed Qasim Rasul Ilyas dari Badan Hukum Individu Muslim Seluruh India (AIMPLB), lembaga swasta yang peduli dengan perlindungan nasib Muslim di India.
p08c
Masjid dihancurkan fundamentalis Hindu

Perselisihan kelompok Muslim dengan Hindu berpusat kepada Masjid Babri di Ayodya, negara bagian utara Uttar Pradesh yang dihancurkan kalangan fanatik Hindu pada 1992 karena mengklaimย tempat ibadah tersebut didirikan di tempat kelahiran dewa Ram (Ram Janbhoomi).

Kelompok Hindu tersebut mengklaim bahwa kuil Hindu sebelumnya di tempat itu telah dihancurkan Khalifah Mughal Babur pada abad 16 dan kemudian didirikan masjid.
Penghancuran masjid Babri menimbulkan kerusuhan agama dan menyebabkan tewasnya ribuan orang di Uttar Pradesh.
Umat Islam menghendaki masjid tersebut dibangun kembali, sementara Hindu menuntut kuil Ram didirikan di bekas reruntuhan masjid.
25 tahun kemudian, isu tersebut masih bergulir. Mahkamah Agung India pada 21 Maret menawarkan negosiasi untuk hqdefaultmenyelesaikan perselisihan tersebut.
Partai fundamentalis Hindu (BJP) yang sedang berkuasa menyataka menerima tawaran tersebut untuk menyelesaiakan perselisihan mereka dengan umat Islam. Sementara Komite Aksi Masjid Babri Seluruh India, kelompok yang berbeda dengan AIMPLB menyatakan upaya di luar penyelesaian pengadilan sejauh ini tidak berhasil.
Dalam kerusuhan agama, dua pemuka BJP menghadapi tuduhan pengadilan atas keterlibatan mereka dalam perusakan Masjid Babri.
Facebook Comments

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u692536656/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *