Pesawat Israel Sebar Pestisida di Kawasan Pertanian di Gaza

Pasukan Israel menyemprotkan pestisida lewat udara di sepanjang pagar perbatasan dengan Jalur Gaza sehingga menyebabkan kerusakan tanaman warga Palestina.

Menurut LSM Gisha, 23 Januari lalu, “pesawat sipil yang disewa angkatan udara Israel menyemprotkan pestisida dekat pagar yang memisahkan Jalur Gaza dengan Israel dekat dengan kawasan pertanian warga Palestina di Gaza utara dan tengah.”

“2 pesawat menyemprot bahan berbahaya tersebut dekat dengan tanah pertanian yang dimiliki Saleh Mohammad al Najar, petani sayuran di wilayah dekat Khan Yunis dan Deir al Balah,” ujar Najar kepada Gisha.

September lalu, kementerian pertahanan Israel mengklaim bahwa penyemprotan tersebut merupakan bagian dari aktivitas keamanan rutin Israel dan dilakukan didalam wilayah Israel sendiri. Namun para petani Gaza menyatakan bahwa tanaman mereka selama bertahun-tahun rusak karena aktivitas tersebut.

Gisha mencatat bagaimana “Israel sering mengirim persenjataan berat seperti tank dan tentara untuk membuldoser dan membersihkan tanah di dalam wilayah Jalur Gaza jika dianggap penting.”

 

 

“Menggunakan alat yang tidak tepat dan berbahaya seperti menyemprotkan dari udara akan merusak kehidupan para petani karena tanaman mereka menjadi mati. Belum lagi, ย resiko karena terpapar zat berbahaya.”

Setahun lalu, tentara Israel juga mengonfirmasi menggunakan pestisida di wilayah perbatasan agar dapat secara optimal melakukan operasi keamanan secara terus menerus.”

Berdasarkan data Palestina, lebih dari 240 acre wilayah pertanian rusak karena penyemprotan tersebut.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *