PM Kanada Trudeau: Assad Harus Turun Agar Perdamaian Suriah Tercapai

Kanada menerapkan sanksi atas 27 pejabat tinggi Suriah dalam upayanya untuk memaksa Bashar al Assad menghentikan penggunaan kekerasan terhadap rakyatnya dan menurunkannya dari kekuasaan, ungkap sumber media Kanada.

Para pejabat tersebut akan dibekukan asetnya dan mereka dilarang menjalankan bisnisnya dengan Kanada.

PM Kanada Justin Trudeau mengatakan pekan lalu bahwa jalan untuk perdamaian Suriah tidak dapat melibatkan Assad.

Sementara Menlu Kanadaย Chrystia Freeland mengeluarkan pernyataan bahwa Kanada juga akan terlibat dalam penyelidikan penggunaan senjata kimia untuk menyeret mereka yang terlibat dalam pengadilan kejahatan perang di Suriah.

“Penggunaan senjata kimia di Idlib selatan adalah kejahatan terhadap kemanusiaan yang tidak dapat diterima,” tandas Freeland. “Kanada sedang bekerjasama dengan sekutu untuk mengakhiri perang di Suriah dan menyeret mereka yang bertanggung jawab.”

Assad dan rejimnya berada dibalik serangan senjata kimia.

Pekan lalu, Freeland juga mendesak Rusia untuk menghentikan dukungannnya kepada Assad dan membantu menggulingkannya dari kekuasaan agar perdamaian tercipta di Suriah.

Ironisnya, Freeland dilarang masuk ke Rusia, salah satu dari 13 pejabat Kanada yang dilarang Putin masuk ke Rusia sebagai bagian balasan atas sanksi Barat 3 tahun lalu.

Kanada telah menyumbangkan 1,6 milyar dollar untuk memberikan bantuan dan menerima 40 ribu pengungsi Suriah.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *