Pria Indonesia ini Beribadah Haji dengan Jalan Kaki

Mochammad Khamim Setiawan, 28 tahun , Jamaah haji Indonesia yang berjalan kaki dan menempuh perjalanan sejauh 9000 km telah tiba di  Mekkah. 

Dengan memakai kaos bertuliskan “Saya sedang menempuh perjalanan ke Mekkah dengan berjalan kaki dan saya yakin dengan pertolongan Allah”, Khamim berangkat dari kampung halamannya di Jawa Tengah pada 28 Agustus 2016 dan membutuhkan setahun perjalanan untuk sampai ke tujuan.

Perjalanannya melewati Malaysia, Thailand, Myanmar (Burma), India, Pakistan, Oman, Uni Emirat Arab dan akhirnya Arab Saudi. 

Khamim biasa puasa dan suka melakukan perjalanan di malam hari. Dia biasa tidur di masjid, rumah warga setempat dan kadang berkemah di hutan. 

Banyak orang memberikan makanan di jalan. 

“Saya tidak pernah meminta dan saya selalu bertemu dengan banyak orang baik yang memberikan saya makanan dan bantuan lainnya. Saya diterima baik di sebuah kuil Budha di Thailand. Para penduduk desa di Myanmar memberi saya makan. Saya banyak belajar dan bertemu dengan para ulama Muslim dari pelbagai negara di sebuah masjid Jamaah Tablig di India,” cerita Khamim. 

Khamim mengatakan bahwa perjalanannya merefleksikan “penyerahan penuh dirinya kepada Allah.”

“Ini cara saya untuk menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah, belajar Islam dari pelbagai ulama dan bertemu dengan banyak orang untuk mengetahui budaya dan toleransi mereka.”

Pada 2012, seorang pria Bosnia bernama Senad Hadzic juga menjalankan ibadah Haji dengan berjalan kaki menempuh perjalanan sejauh 5,7000 km dalam 314 hari. 

Sungguh upaya yang luar biasa. Selamat menunaikan ibadah Haji dan semoga menjadi Haji Mabrur. Aaminn. 

 

Sumber:Ilmfeed

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *