Protes Anti Trump Meluas, Hillary Salahkan Direktur FBI

Kemenangan Donald Trump memicu protes di seluruh AS. Puluhan ribu pendemo turun ke jalan dan menolak terpilihnya Donald Trump. Sementara itu, Hillary Clinton menuduh direktur FBI James Comey berada di balik kekalahan dirinya dalam pemilu presiden.

Polisi di Portland, Oregon, dimana seorang peserta aksi protes tertembak mengatakan bahwa aparat keamanan telah menahan lebih dari 20 orang setelah para pengunjuk rasa melempari petugas keamanan dengan botol dan bom molotov karena menolak bubar.

Aksi protes terbesar diselenggarakan di New York, Los Angeles dan Chicago, dimana para para penyelenggara unjuk rasa ini mengatakan bahwa mereka ingin membangun momentum setelah beberapa malam aksi protes mereka yang dipicu karena kemenangan mengejutkan pengusaha real estate dalam pemilu presiden Selasa silam.

Di New York, beberapa ribu pengunjuk rasa berbaris menuju Fifth Avenue melewati beberapa toko perhiasan sebelum menuju Trump Tower, yang menjadi kediaman presiden terpilih Donald Trump.

Di Portland, seorang pengunjuk rasa ditembak ketika melintasi jambatan Morrison. Kepolisian Portland mengatakan 4 orang ditahan karena keterkaitan dengan penembakan tersebut dan diyakini terkait dengan kejahatan gang kriminal.

Polisi mengatakan beberapa pengunjuk rasa menyerang kru film di kota pada Sabtu malam dan setidaknya dua orang mengaku diserang. Polisi melakukan penahanan setelah para pengunjuk rasa menolak membubarkan diri.

Sejak kemenangan Trump, para pendemo di beberapa kota telah menolak janji kampanye kandidat partai Republik ini untuk membatasi para imigran dan meregistrasi Muslim di Amerika. Dia juga dituduh telah melakukan pelecehan seksual kepada para wanita.

Puluhan pengunjuk rasa telah ditahan dan beberapa polisi juga terluka. Demonstrasi pecah sejak Trump memenangkan hasil pemilu presiden dan diakhir pekan demonstrasi anti Trump semakin membesar.

Trump0 mengecam keras aksi demo dengan mengatakan bahwa mereka telah diprovokasi oleh media, namun kemudian memuji para pengunjuk rasa bahwa mereka memiliki “semangat untuk negara besar kita.”

“Kita akan bersama-sama dan bangga!”, katanya dalam twit. Banyak pemilih terkejut dengan hasil pemilu presiden, yang sebelumnya memprediksikan kemenangan Hillary Clinton.

60,3 juta penduduk Amerika memberikan untuk Trump, lebih rendah dari 60,8 juta suara yang memilih Clinton. Namun kemenangan Trump ditentukan oleh negara-negara bagian yang berpindah pilihannya seperti Michigan. Oleh karena itu, Trump menang dalam electoral college yang membuatnya menjadi presiden.

Dalam pidatonya dengan para penyandang dana kampanyenya, Hillary mengatakan bahwa dia menang hingga direktur FBI James Comey mengirim surat kepada konggres pada 28 Oktober yang menyatakan bahwa FBI telah membuka email yang kemungkinan berkaitan dengan penyelidikan sebelumnya tentang penggunaan server pribadinya dalam korespondensi Menlu. Pengujian baru ini didorong oleh penyelidikan yang tidak berhubungan atas mantan anggota Konggres Anthony Weiner, suami dari salah satu penasehat top-nya.

Pengumuman mendadak oleh FBI iniย dilakukan usai debat ketiga dimana kandidat Republik Donald Trump dikritik karena penampilannya. Clinton menuturkan bahwa kampanyenya menang dengan margin yang besar dibandingkan pesaingnya hampir disetiap debat, termasuk di Arizona yang menjadi basis Republik hingga keluar surat Comey. Pendukung Trump dan Republik kemudian memanfaatkan kesempatan tersebut yang berujung kekalahannya.

Comey memberitahu para anggota konggres, Minggu sebelum pemilu bahwa lembaga tersebut tidak menemukan bukti yang cukup untuk mengajukan tuntutan kriminal atas Hillary. Pesan Comey justru memberi amunisi kepada lawannya untuk menyerang dirinya. Dalam 9 hari antara pernyataan awal Comey dan pengumuman terakhirnya, mendorong 24 juta pemilih memberikan suaranya karena pernyataan tersebut. Ini ditaksir sekitar 18 persen dari total suara yang diberikan dalam pemilu presiden kali ini.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *