Putera Mahkota Saudi Diundang ke Israel

Putera Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman telah diundang untuk mengunjungi Israel. Undangan disampaikan oleh Menteri Intelejen Israel, Yisrael Katz dalam wawancaranya dengan laman berita Elaph yang disebut dekat lingkaran pengambil kebijakan negeri monarki tersebut.

Menurut Katz, Arab Saudi adalah pemimpin dunia Arab. Dia mendorong Saudi dapat memfasilitasi proses perdamaian antara Israel dan Palestina. “Israel akan senang untuk ambil bagian dalam pembicaraan damai tersebut.”

Bulan lalu, Elaph mempublikasikan wawancara dengan kepala staff angkatan bersenjata Israel Gadi Eizenkot, yang menjadiย pembicaraanย awal media Saudi dengan pejabat Israel.

Selama wawancara, Eizenkot mengatakan bahwa Iran adalah “musuh dan ancaman terbesar atas kawasan ini.” Dia juga mengungkapkan bahwa Israel dan Arab Saudi berada dalam kesepakatan permanen berkaitan dengan rencana menghadapi Iran.

Pada Oktober, pejabat Israel keseleo lidah kepada kantor berita AS bahwa Bin Salman telah melakukan kunjungan rahasia ke Israel pada September. Sementara Jurnalis Foreign Policy mempublikasikan tulisan yang menggambarkan Bin Salman adalah orang terbaik di Arab Saudi yang dapat menjadi alat untuk menjalankan rencanaย  Amerika di kawasan.

Arab Saudi tidak mengakui pendirian Israelย di tanah Palestina sejak dideklarasikan pada 1948. Namun kini monarki dibawah kendali Bin Salman di Riyadh telah mulai menyerukan normalisasi penuh dengan negara Zionis tersebut.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *