Rusia Mengembom Target di Suriah dari Iran

Pesawat bomber jarak jauh Rusia untuk pertama kali menghantam target-target oposisi di Suriah dari pangkalan angkatan udara Iran,  sejak negeri bekas Uni Soviet itu terlibat langsung dalam perang saudara di Suriah setahun lalu.

Moskow baru-baru ini menempatkan pesawat tempurnya di pangkalan angkatan udara di Iran untuk memperluas kampanye militernya di Suriah.

Juru bicara Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia menyatakan bahwa serangan yang dilakukan pesawat pengembom jarak jauh Tupolev-22 dan Sukhoi-34 dilancarkan dari pangkalan angkatan udara Iran di Hamada.

Manuver ini menunjukkan bahwa Rusia sedang memperluas dan memperkuat perannya di Timur Tengah.

Media Rusia menyatakan Moskow tengah meminta ijin Iran dan Irak untuk menembakkan rudal atas target-target di Suriah melintasi wilayah mereka dari  sekitar Laut Kaspia.

Pesawat-pesawat Rusia selasa lalu menyerang target Daesh dan kelompok Jabhat Nusrah, yang berganti nama Jabhat Fatha al Sham setelah memutuskan berpisah dari Al Qaeda di Provinsi Aleppo, Idlib dan Deir al Zour.

Pesawat pembom jarak jauh Rusia dilindungi oleh pesawat-pesawat tempur Rusia yang berada di pangkalan udara Hmeymeim di Provinsi Latakia.

Stasiun TV Rossiya Selasa lalu memperlihatkan setidaknya tiga pesawat pembom dan satu pesawat angkut militer tiba di Iran, namun tidak jelas berapa jumlah pesawat tempur Rusia yang ditempatkan disana.

Penempatan armada pesawat tempur akan memotong waktu penerbangan hingga 60 persen dan meningkatkan kapasitas angkut pesawat.

Mengutip media Rusia, pesawat pembom Tupolev-22M3, yang telah melakukan banyak misi pengemboman sasaran-sasaran oposisi di Suriah dari pangkalan udara di dalam negeri di selatan Rusia ini, tidak mampu ditampung pangkalan udara di Suriah.

Sedangkan pangkalan udara Iran di Hamada atau juga disebut Hamedan terletak di barat laut Iran, sehingga pesawat tersebut harus melintasi Irak dahulu untuk menyerang Suriah.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *