๐—๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐—น ๐—”๐˜€๐˜€๐—ฎ๐—ฑ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฃ๐—ฒ๐—ฟ๐—ป๐—ฎ๐—ต ๐—”๐—ป๐—ฐ๐—ฎ๐—บ ๐—ฃ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐˜‚๐—ป๐—ด๐˜€๐—ถ ๐—ง๐—ฒ๐˜„๐—ฎ๐˜€ ๐—ง๐—ฒ๐—ฟ๐—ธ๐—ฒ๐—ป๐—ฎ ๐—ฅ๐—ฎ๐—ป๐—ท๐—ฎ๐˜‚

Salah satu jenderal rejim Bashar Assad Suriah, Mayor Jenderal Issam Zahreddine tewas di kota Deir Ez Zor setelah kendaraan yang ditumpanginya meledak karena menerjang ranjau.

Jenderal berusia 56 tahun ini adalah komandan brigade Udara Garda Republik Suriah ke 104 yang tengah berperang melawan para militan Daesh di wilayah bagian timur provinsi Deir Ez Zor setelah kendaraan yang ditumpanginya menginjak ranjau yang ditanam milisi Daesh.

Jenderal berusia 56 tahun ini adalah salah satu jenderal kepercayaan Bashar al Assad dan tokoh utama dibalik kekerasan terhadap pejuang oposisi dan aktivis. Pada Juli, Uni Eropa memasukkan dia dalam daftar individu yang dicekal karena tindakan kekerasan yang dilakukannya terhadap warga sipil sejak awal konflik.

Laporan Human Right Watch pada 2011 memerinci bagaimana Zahreddine memerintahkan pemukulan para pengunjuk rasa di kota Douma, dan secara pribadi pernah menyetrum dan menyiksa para tahanan.

Zahreddine dikenal ketika ditugaskan memimpin operasi militer di kota Homs pada 2012. Sekitar 3000 warga sipil terjebak di kota selama berminggu minggu bentrokan dan ratusan diantaranya tewas di wilayah yang direbut militer Suriah dari kelomppk oposisi.

Jenderal juga disebutkan dalam tuntutan yang diajukan oleh keluarga mendiang wartawan perang AS, Marie Colvin, yang tewas karena serangan altileri di kota Homs pada Februari 2012, setelah mereka mengetahui bahwa Zahreddine dilaporkan yang memerintahkan seranganย pada saat giliran jaganya di pusat media. Setelah menyadap telpon dimana Colvin mengatakan,“Pasukan Suriah begitu saja membomi kota dan membuat kelaparan penduduknya”, kemudian tentara mengarahkan tembakan ke kantornya. Zahreddine mendapatkan penghargaan ketika diketahui Colvin telah tewas. Namun rejim Assad membantah jika warga Amerika dijadikan sasaran serangan.

Zahreddine muncul di banyak foto yang menunjukkan dirinya bersama korban yang disiksa atau dipotong bagian tubuhnya. Tahun lalu, dia berpose disamping jasad yang digantung dan dimutilasi tubuhnya.

Bulan lalu, selama wawancara dengan TV Suriah, jenderal itu memperingatkan para pengungsi yang lari dari konflik untuk tidak kembali ke negaranya setelah perang berakhir.

“Jika pemerintah memaafkan kamu, saya bersumpah kami tidak akan melupakan atau memaafkannya,” katanya. “jika anda tahun apa yang baik buat anda, maka jangan kembali.”

Beberapa komandan perang Suriah, Iran dan Rusia tewas dalam beberapa bulan yang lalu ketika berperang dengan Daesh di sekitar Deir Er Zor. Kelompok ini telah kehilangan banyak wilayah di Suriah dan terdesak ke lembah Eufrat dan gurun di sekitarnya.

ย 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *