Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u692536656/public_html/wp-includes/post-template.php on line 275

Sambut Ramadhan, TV Pertama di Malawi Diluncurkan

Muslim Malawi, sebuah negara di Afrika Jumat akan merayakan masuknya bulan suci Ramadhan dengan meluncurkan saluran TV Islam pertama, TV Islam (TVI).

Saluran yang akan tayang pertama kali pada pukul 2 siang setelah shalat Jumat memberikan kesempatan kepada umat Islam untuk melihat program-program keagamaan secara gratis di saluran lokalnya.

“Saluran ini penting karena menjadi saluran pertama di negeri ini. Saluran TV ini akan menjembatani banyak isu sosial, budaya, ekonomi dan sejarah,” ungkap Abdullah Omar Mdala, kepala stasiun TV ini.

Tayang dengan slogan “Kebenaran Pasti Menang”, TV Islam ini akan membawa pesan harapan dan program-program seputar Islam, demokrasi, kesehatan dan topik-topik lainnya.

Sebelumnya, Muslim di Malawi harus mengikuti saluran-saluran Islami melalui jaringan TV berbayar. Islam adalah agama terbesar kedua di negeri itu, dengan penganut sekitar 30 persen dari 17 juta penduduknya.

Mdala mengharapkan 30 persen pangsa pasar Muslim dan 20 persen pangsa pasar non Muslim.

Gideon Munthali, direkur informasi kementerian informasi, komunikasi dan teknologi menyatakan pemerintah senang dengan masuknya TVI dalam industri penyiaran di Malawi.

“Peluncuran TVI mengonfirmasi adanya lingkungan kondusif yang diciptakan untuk memperkuat pembangunan industri media dan penyediaan akses informasi kepada rakyat.”

“Kami percaya datangnya stasiun TV baru ini akan membantu tugas penting penyebaran informasi yang penuh cinta kasih dan persatuan di antara masyarakat Malawi,” ujar Munthalis.

Umat Islam juga menyambut gembira peluncuran tersebut.

“Kami menyambut saluran ini karena di masa lalu kami dipaksa untuk menyaksikan siaran yang tidak sejalan dengan nilai-nilai kami, ujar seorang penduduk yang menyaksikan tayang uji coba saluran ini di masa lalu,” ujar penduduk yang menyaksikan siaran uji coba saluran TV ini.

Facebook Comments

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/u692536656/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *