Seandainya Pak Basuki

Rizqy Amelia Zein, Peneliti Psikologi Sosial di Universitas Airlangga

Seandainya saja peristiwa di Kepulauan Seribu tidak pernah terjadi.

Seandainya saja, ketika menanggapi sentimen agama dan rasial yang menerpanya, Pak Basuki menjawab, “Saya menghormati dan tidak menyalahkan warga yang tidak bisa memilih saya atas alasan mematuhi perintah kitab suci. Saya sadar, pilihan tersebut diambil, bukan karena membenci pribadi dan hasil kerja saya, tapi murni karena keinginan untuk mentaati perintah agama. Namun, apabila saya diberikan kesempatan terpilih menjadi Gubernur, saya berkomitmen untuk bekerja sekuat tenaga untuk melayani semua warga saya, termasuk yang tidak memilih saya.”

Seandainya Pak Basuki menahan diri untuk tidak berkomentar hal-hal diluar kewenangannya.

Seandainya Pak Basuki tidak mempolitisasi Islamisme dan Pluralisme untuk kepentingannya sendiri.

Seandainya Pak Basuki menepati janji kampanyenya, ketika maju bersama Jokowi dulu, untuk tidak mudah menggusur warga yang tak punya kuasa.

Seandainya Pak Basuki memilih pembangunan berkelanjutan, berdiri bersama-sama dengan aktivis lingkungan, menolak reklamasi Teluk Jakarta.

Maka mungkin ia akan menang mudah dengan satu putaran saja.

Maka polarisasi sikap politik tentunya tidak akan seekstrem ini.

Maka kita tidak perlu mengadu islamisme dengan pluralisme dalam satu ring tinju.

Maka kita bisa mencurahkan energi yang terbuang percuma karena berbantah-bantahan, untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

Sayangnya, Pak Basuki mengungkapkan prasangkanya pada nilai-nilai keislaman dengan eksplisit. Ia memang memillih ‘ berenang melawan arus’ namun justru ia tercebur dan hanyut akibat laku dan pilihannya sendiri. Sayangnya, masyarakat sudah kadung terpolarisasi dan sulit menumbuhkan kembali rasa percaya pada masyarakat yang sudah diliputi rasa curiga. Ia menimbulkan bencana pada suksesornya –dengan mewariskan masyarakat yang sudah terkoyak dan menolak ajakan untuk melakukan transisi kekuasaan yang sehat.

Seandainya saja…

 

Sumber

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *