Sekjen PBB Ban Ki Moon Desak Pencabutan Blokade Gaza

Sekjen PBB, Ban Ki Moon yang akan berakhir masa jabatannya menandaskan bahwa tidak ada alternatif selain solusi dua negara dan mendesak pencabutan blokade atas Gaza.

Dalam briefingnya di Dewan Keamanan PBB, Sekjen PBB ini menekankan pentingnya langkah berani dan konkrit oleh Israel dan Otoritas Palestina yang dapat memberi jalan bagi negosiasi damai yang berarti.

Dia mengatakan: “Gaza, Tepi Barat dan Yerusalem Timur telah mengalami penjajahan militer sejak 1967,” seraya menyebutkan tindakan ini dapat merusak masa depan negara Palestina.

Ban Ki-Moon juga mengkritik aktivitas permukiman ilegal Israel di kawasan Palestina, seraya menegaskan bahwa permukiman tersebut melanggar hukum internasional.

Dia mencatat jumlah para pemukim Yahudia di wilayah Palestina mencapai 600 ribu jiwa.

“Seperti yang secara konsisten katakan, aktivitas permukiman Israel setelah garis 1967 adalah pelanggaran terang-terangan hukum internasional dan Konvensi Jenewa Keempat,” tandasnya.

Berkaitan dengan situasi di Gaza, dia mengatakan: “Gaza adalah kotak kecil yang dapat meledak jika pergerakan dan akses bagi rakyatnya tidak dicabut dan bantuan kemanusiaan diberikan.”

Dia menegaskan bahwa pelbagai tekanan dan pembatasan di Jalur Gaza adalah hambatan bagi pembangunan yang berkesinambungan di wilayah jajahan Israel tersebut.

 

 

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *