Selama November, 1300 Pemukim dan Tentara Israel Menyerbu Masjidil Aqsha

Lebih dari 1300 pemukim Yahudi dan tentara Israel menyerbu kompleks Masjidil Aqsha selama bulan lalu, mengutip laporan resmi Palestina.

Bagi Muslim, Al Aqsha merepresentasikan tempat suci ketiga di dunia, sementara Yahudi mengklaimnya sebagai Temple Mount’ yang konon pernah menjadi kompleks dua kuil Yahudi pada zaman kuno.

“Sekitar 1178 pemukim Yahudi dan 184 petugas intelejen memaksa masuk ke kompleks suci pada Novmber,” ungkap Syeikh Azzam al Khatib, Direktur Jenderal Urusan Al Aqsha.

Juga pada bulan November, pasukan Israel membunuh satu warga Palestina di Yerusalem Timur dan melakukan penahanan besar-besaran terhadap warga Palestina di kota yang dijajah Israel ini.

Menurut Pusat Informasi Wadi Hilweh, Israel menaham 167 warga Palestina, termasuk 6 perempuan dan 80 anak-anak.

Selama periode itu, LSM Palestina ini mencatat telah dilakukan penghancuran 17 bangunan Palestina di Yerusalem atas alasan tidak memiliki izin.

Israel merebut Yerusalem Timur, tempat masjid al Aqsha berada dalam perang 1967. Israel secara formal mengklaim keseluruhan kota ini pada 1980 sebagai ibukota Israel walaupun ditentang masyarakat internasional.

 

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *