Trump Ancam Hentikan Bantuan AS ke Palestina

Presiden AS Donald Trump mengancam untuk memotong bantuan keuangan AS ke Palestina dan mengakui bahwa proses damai Timur Tengah mengalami kebuntuan. 

Trump dalam twitnya mengatakan: “Kami membayar ratusan juta dollar setahun dan tidak mendapat rasa hormat atau penghargaan. Mereka bankan tidak mau menegosiasikan kesepakatan damai dengan Israel yang lama berhenti.”

“Rakyat Palestina tidak ingin lagi membicarakan perdamaian, jika begitu mengapa kami harus memberikan uang yang banyak kepada mereka di masa depan,” katanya.

Trump membuat marah banyak pihak ketika dia mengumumkan akhir tahun lalu bahwa AS mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel dan memindahkan kedutaannya. 

Rakyat Palestina mengatakan bahwa dengan pengumuman tersebut AS tidak dapat lagi bertindak sebagai perantara perdamaian. Proposal AS untuk memperbaharui negosiasi yang dipimpin menantu dan sekaligus penasehat presiden Jared Kushner tidak menunjukkan kemajuan.

Pergeseran dalam kebijakan AS atas Yerusalem mengundang kemarahan rakyat Palestina di wilayah pendudukan dan banyak negara-negara Muslim. 

Menolak manuver tersebut, KTT Darurat OKI digelar di Istanbul yang menegaskan bahwa Yerusalem Timur adalah ibukota Palestina. 

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *