Trump: AS Mundur dari Kesepakatan Iklim Paris

Presiden Donald Trump Kamis menarik diri dari kesepakatan bersejarah di Paris yang berupaya menangani perubahan iklim.

Kesepakatan ini menjadi contoh terbaru Washington yang menolak kesepakatan yang merugikan AS hanya untuk kepentingan eksklusif negara-negara lain,” kata Trump di Rose Garden. 

“Untuk memenuhi tugas saya melindungi Amerika dan penduduknya, AS akan menarik diri dari Kesepakatan Iklim Paris,” ujarnya yang disambut tepukan tangan meriah.”Dan akan memulai negosiasi untuk masuk kembali Kesepakatan tersebut, atau sepenuhnya ada transaksi baru yang adil bagi AS, para pebisnisnya, pekerjanya, rakyatnya dan para pembayar pajaknya.”

AS adalah salah satu dari 195 penandantangan awal Kesepakatan Iklim Paris yang berupaya mengurangi secara bertahap emisi gas karbon dalam rangka mengatasi kenaikan suhu dan kerusakan iklim yang disebut sebagai perubahan cuaca. 

Para ilmuwan memperingatkan bahwa peningkatan 2 derajat celcius suhu dunia akan memiliki dampak besar.

Para penentangnya mengatakan bahwa perjanjian ini menghambat pertumbuhan ekonomi dan terbukanya peluang pekerjaan. 

Washington kini bergabung dengan Suriah dan Nicaragua yang mundur dari kesepakatan ini. 

Kesepakatan yang tidak mengikat ini menyerukan para negara penandatangan mengurangi gas emisi karbon, namun tidak menetapak sanksi bagi negara-negara yang tidak mematuhinya. 

Banyak pebisnis AS dalam pekan ini yang mendesak Trump untuk tetap dalam kesepakatan Paris, termasuk Elon Musk yang duduk dalam jajaran penasehat bisnisnya. Musk mengatakan bahwa dirinya akan mundur dari posisinya karena keputusan Trump tersebut. 

Selama kampanye, Trump menyebut pemanasan global adalah “kebohongan” dan menjanjikan untuk keluar.

 

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *