Turki Bangga Penyumbang Bantuan Kemanusiaan Terbesar Kedua di Dunia

Turki kini menjadi tuan rumah jutaan pengungsi yang menyelamatkan diri dari kekerasan dan perang di sekitarnya. Kini, negara tersebut dinobatkan menjadi negara paling pemurah kedua yang menghabiskan banyak pendapatan nasionalnya untuk aksi-aksi kemanusiaan.

Berbicara didepan acara foto eksebisi pada Hari Kemanusiaan Dunia, Wakil PM Recep Akdaq mengatakan bahwa Turki sedang menjalankan tugas untuk menolong orang-orang yang membutuhkan di seluruh dunia dengan menggunakan semua upaya dan sumber daya yang dimilikinya, Sabtu lalu di Ankara.

Eksebisi yang berjudul “Semua Penampungan Tersebut Ada Dalam Hati Kami” diorganisir oleh Direktorat Jenderal Pers dan Informasi Umum (DGPI) bekerjasama dengan Manajemen dan Bencana Kepresidenan (AFAD). Hadir dalam acara tersebut wakil UNHCR di Turki dan Kepala Deputi Uni Eropa untuk Turki.

“Kini setiap orang tahu bahwa Turki sedang memimpin aksi kemanusiaan di dunia,” tambah Aqdag. “jika Turki mengulurkan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan hari ini, itu karena sejarah, budaya dan keyakinan agama kita telah mengajarkannya.”

“Oleh karena itu, dunia harus berupaya keras untuk mencegah konflik seperti di Suriah terus terjadi, yang memaksa jutaan orang melarikan diri.”

Sementara dalam sambutannya, wakil UNHCR, Munera Vinals menyambut posisti langkah Turki.“Kami memuji para aktivis kemanusiaan Turki yang bekerja menyalurkan bantuan kemanusiaan baik di Turki dan di seluruh dunia. Di hari kemanusiaan dunia, kami menyampaikan penghormataan dan rasa teriam kasih kepada semua yang mengorbankan dirinya karena memberikan bantuan kepada semua korban perang dan bencana di seluruh dunia. Kami memuji keberanian pria dan wanita yang terus bekerja tanpa kenal lelah demi kepentingan orang lain.”

Dia mencatat ada 4000 pekerja kemanusiaan yang menjadi korban serangan dalam dua dekade terakhir ini dan sebanyak 158 serangan pada 2016 yang mengakibatkan 288 pekerja kemanusiaan terbunuh, terluka dan diculik.

Posisi Turki diantara negara-negara pemberi bantuan kemanusiaan terbesar di dunia

 
|AA Image

 

Turki menyumbangkan milyaran dolar bantuan kemanusiaan meskipun faktanya bukan negara terkaya di dunia.

Menurut Laporan Inisiatif Pembangunan (ID) dari Bantuan Kemanusiaan Global pada Juni 2017, Turki berada di urutan kedua setelah AS sebagai negara yang memberikan bantuan kemanusiaan terbanyak pada 2016.  Pada 2013, 2014 an 2015, Turki menduduki urutan ketiga dalam besaran bantuan kemanusiaan di dunia.

Diluar bantuan keuangan, Turki juga menyalurkan bantuan berupa makanan, obat-obatan dan pendidikan kepada masyarakat di beberapa negara seperti Somalia, Suriah, Bangladesh dan Uganda.

“Turki menyumbangkan setidaknya 6 milyar dollar bantuan kemanusiaan, sementara AS menyumbang 6,3 milyar,” ungkap DI.

jika diukur berdasarkan pendapatan per kapita, maka Turki berada di urutan pertama, karena pendapatan kotor nasional Turki hanya 857 milyar pada 2016, sementara AS mencapai 18,7 trilyun dollar.

“Meskipun kenyataannya, Turki bukanlah negara terkaya di dunia, namun negara ini menempatkan dirinya sebagai penyedia bantuan kemanusiaan terbesar di dunia, yang menunjukkan kemurahan hati rakyat Anatolia,” ujar Sahin, pejabat senior IHH Turki.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *