Turki Serukan Dialog untuk Akhiri Ketegangan Diplomatik Negara-Negara Teluk

Juru bicara Presiden Recep Tayyip Erdogan menyerukan dialog dan negosiasi diantara anggota negara-negara kerjasama Teluk (GCC) setelah beberapa negara anggotanya memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Qatar karena alasan keamanan nasional.

Senin kemarin, Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Yaman memutuskan hubungannya dengan Qatar yang menandai pertikaian paling buruk diantara negara-negara utama di dunia Arab.

Ibrahim Kalin menyatakan dalam pernyataan tertulisnya bahwa para anggota GCC yang menjadi sekutu bisnis strategis Turki seharusnya menyelesaikan permasalahan mereka melalui negosiasi, dialog dan komunikasi.

Kalin juga menambahkan bahwa Erdogan telah meluncurkan upaya diplomatik untuk menyelesaikan pertikaian ini, seraya menekankan kesedihan Turki atas insiden tersebut. Turki menyatakan siap untuk menjalankan tanggung jawabnya dalam masa-masa mendatang.

Sementara itu dalam pernyataan yang hampir serupa, ย Menlu Turki Mevlut Cavusoglu menandaskan pentingnya dialog untuk menyelesaikan permasalahan diantara negara-negara Teluk dengan jalan damai.

Dia juga menyatakan kesedihan Turki atas keputusan beberapa negara Teluk yang memutus hubungan dengan Qatar serta menekankan pentingnya persatuan dan solidaritas kawasan.

“Turki melihat persatuan dan solidaritas diantara negara-negara Teluk sebagai persatuan kami,” ucapnya.

Persatuan tersebut penting dalam rangka memerangi Daesh, radikalisme, Islamophobia dan perpecahan sektarian.

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *